Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Beri Sambutan di Ideafest 2020, Jokowi Soroti Peran Penting Insan Kreatif di Tengah Pandemi Covid-19

Minggu, 15 November 2020 10:45 WIB
Beri Sambutan di Ideafest 2020, Jokowi Soroti Peran Penting Insan Kreatif di Tengah Pandemi Covid-19
Presiden Jokowi beri pesan penting untuk para pelaku sektor industri kreatif (Credit: Biro Pers Setpres)

Kapanlagi.com - Meski dihelat secara daring, Ideafest tahun ke-9 tetap menghadirkan sejumlah pembicara yang sangat menarik. Salah satu yang paling ditunggu adalah dari Presiden Jokowi.

Mengusung tema 'Restart', Presiden Jokowi menyoroti ketidakpastian yang tengah dihadapi oleh sektor industri kreatif di tengah pandemi. Padahal sebelumnya, industri ini memiliki peran besar dalam membangun ekonomi nasional.

"Di tahun 2017, industri kreatif menyumbang pada PDB sebesar 1000 triliun rupiah. Angka itu meningkat pada tahun 2018 menjadi 1105 triliun rupiah dan meningkat lagi menjadi 1211 triliun rupiah di tahun 2019," ujar Presiden Jokowi, seperti dilansir dari acara Ideafest, Minggu (15/10/2020).

"Begitu juga dengan tenaga kerja yang bekerja di sektor ini bertambah, tumbuh berkisar 5,9 persen setiap tahunnya. Ekonomi kreatif berpeluang menghidupi seluruh kalangan tanpa terkecuali sehingga sektor industri kreatif menjadi sektor yang bisa menciptakan banyak lapangan kerja baru," lanjutnya.

1. Adaptasi Menemukan Cara Baru

Untuk bertahan di tengah industri kreatif yang terpuruk di masa pandemi, Presiden Jokowi pun memberikan sebuah pesan penting. Salah satunya dengan menemukan ide atau cara baru untuk para penjual jasa serta giat mengonsumsi produk dalam negeri untuk para konsumen.

"Industri ini akan menjadi salah satu sektor pendukung penting dalam upaya pemulihan ekonomi nasional. Insan kreatif sangat cepat beradaptasi, sangat kreatif dalam menemukan cara-cara baru. Hal ini perlu disambut dengan cara meningkatkan tingkat konsumsi brand industri kreatif dalam negeri," papar Presiden Jokowi.

2. Bangga Produk Dalam Negeri

Tak berhenti sampai di situ, menurut Jokowi, dengan meningkatnya konsumsi produk dalam negeri maka ke depannya, insan kreatif nasional bisa bersaing secara sehat. Oleh karena itu, Jokowi pun menghimbau agar masyarakat bersiap menghadapi peluang dan kesempatan baru setiap harinya.

"Kita harus terus meningkatkan kecintaan dan kebanggaan pada hasil karya anak bangsa sendiri sehingga produk industri kreatif Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Karena itu saya mengajak seluruh insan kreatif mempersiapkan diri menyambut peluang baru, mengambil kesempatan besar. Sekarang adalah waktu yang sangat tepat untuk meletakkan pondasi," pungkasnya.