Berkas Perkara Lengkap, Jeremy Thomas Bisa Langsung Ditahan

Rahmi Safitri | Selasa, 15 Oktober 2019 17:45 WIB
Berkas Perkara Lengkap, Jeremy Thomas Bisa Langsung Ditahan

Kapanlagi.com - Kasus dugaan penipuan lahan dan pembangunan villa di Ubud, Bali, yang menjerat aktor senior Jeremy Thomas masih bergulir. Kabar terakhir, berkas perkara kasus tersebut sudah lengkap atau P21.

Sang pengacara, Dasril Affandi menjelaskan kelanjutannya. Jika sesuai rencana, berkas-berkas tersebut akan dilimpahkan ke kejaksaan hari ini.

"Tahapan selanjutnya ya pelimpahan ke kejaksaan. Rencananya hari ini, tapi bisa konfirmasi ke penyidik," ucap Dasril di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (15-10).

1 dari 2 halaman

1. Pernyataan Kuasa Hukum

Ada tahap selanjutnya setelah berkas dinyatakan lengkap. Pihak penyidik berwenang menahan tersangka dengan beberapa alasan tertentu. Namun, hal itu pun dapat dipertimbangkan, salah satunya sikap kooperatif yang ditunjukkan Jeremy Thomas, menurut pengacaranya.

"Wah itu (Jeremy akan ditahan) engga tahu tuh saya. Bukan kewenangan saya. Ini pelimpahan ya, selama ini tidak ada penahanan. Ya tentu kita berharap penyidik dan penuntut bisa bersama melihat tingkat urgensinya. Karena penahanan itu kan tingkat urgensinya apakah secara subjektif, objektif ditahan. Faktanya sekian lama proses kan enggak ada ditahan. Artinya Mas Jeremy kooperatif dan bisa mengikuti proses hukum," kata Dasril.

2 dari 2 halaman

2. Tanya Alasan Untuk Ditahan

Tanya Alasan Untuk Ditahan Jeremy Thomas © KapanLagi.com®/Akbar Prabowo Triyuwono
Dasril menambahkan, dirinya mempertanyakan urgensi penahanan jika benar dilakukan. Terlebih, ia yakin kliennya akan mengikuti seluruh prosedur kasus ini secara kooperatif.

"Kalau bisa mengikuti proses hukum, apa urgensinya untuk ditahan? Saya pikir Mas Jeremy akan mengikuti proses hukum dengan baik dan sampai tahapan apapun akan dijalani," pungkasnya.

(kpl/apt/pit)


↑