Berkunjung ke Pesantren, Terry Putri Lebih Banyak Merenung

Risang Sudrajad | 26 November 2015, 08:55 WIB
Berkunjung ke Pesantren, Terry Putri Lebih Banyak Merenung

Kapanlagi.com - Semenjak berhijrah dan tampil berhijab, artis Terry Putri kini menjadi lebih selektif mengambil job. Diakuinya sekarang ia lebih banyak menerima pekerjaan yang berhubungan dengan keagamaan. Seperti saat Terry bersama Fadly terlihat mengunjungi Pesantren Yatama Az-Zikra yang tengah mengadakan audisi hafizh (penghafal) Alquran.

"Alhamdulillah hari ini aku diundang di audisi hafizh Indonesia. Mungkin setelah aku berhijrah argo yang lebih kenceng aku kerjain tuh argo akhirat kayaknya. Begitu yang undangan lain nggak terlalu, yang berhubungan dengan keimanan itu yang lebih diutamakan, kayak gini nih ke pesantren-pesantren, (acara) hafizh Alquran, terus sharing-sharing (keagamaan)," ujar Terry saat ditemui di Depok, Jawa Barat, (25/11).

Melihat secara langsung bagaimana anak-anak yang masih kecil sudah hafal Alquran membuat Terry lebih banyak merenung. Meski belum bisa seperti itu, artis 35 tahun itu selalu berusaha menerapkan apa saja yang terkandung dalam Alquran.

"Apa pun kegiatannya pasti tafakur (merenung) diri sendiri dulu. Kayak gini diundang untuk acara audisi hafizh Indonesia. Insya Allah anak-anak yang masih kecil sampai ada marbot masjid segala macam, mereka hafal Alquran 30 Juz loh. Sementara aku tafakur ke diri sendiri, berapa ayat yang aku hafal ya. Berapa ayat yang aku bisa aku aplikasikan ke kehidupan aku ya. Kayak gitu-gitu ke diri sendiri baru ke lingkungan sekitar. Jadi manfaatnya banyak banget sih," tuturnya.

Terry Putri selalu mencoba melakukan apa yang ada di Alquran © Kapanlagi.com®/Nuzulur RakhmahTerry Putri selalu mencoba melakukan apa yang ada di Alquran © Kapanlagi.com®/Nuzulur Rakhmah

Terry pun teringat masa sekolah dulu, bagaimana ia menghafal ayat-ayat Alquran demi persyaratan lulus. Namun setelah berhijrah, dirinya baru sadar bahwa ayat-ayat Alquran itu tidak hanya sekedar sebuah hafalan, namun bagaimana cara mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

"Kalau dulu tuh kan sekolah islam. Persyaratan lulus tuh ada ayat-ayat yang harus di hafal. Tapi ternyata begitu aku berhijrah, aku sadar bahwa sebenarnya tidak hanya ayat-ayat saja yang di hafal. Alquran kan pedoman hidup yang menuntun kita sampai di kehidupan sehari-hari," sambung Terry.

"Masalah kenyamanan, ketidaknyamanan, segala macam tuh kalau kita bentuknya balik lagi ke Alquran sebenarnya hidup tidak akan jadi masalah. Jadi kehidupan sekarang aku tuh lebih mendalami tafsirnya, kalau Alquran kita masih baca anytime ayatnya, tapi itu bisa nggak kita bawa ke kehidupan sehari-hari. Itu aja sih yang sebenarnya aku utamakan sekarang," pungkasnya.

(kpl/rhm/abl)

Reporter:   Nuzulur Rakhmah