Bicara Tentang Influencer, David Suwarto Berbagi Tips Membuat Konten di XYZ Day 2018

Tyssa Madelina | 25 April 2018, 17:40 WIB
Bicara Tentang Influencer, David Suwarto Berbagi Tips Membuat Konten di XYZ Day 2018

Kapanlagi.com - Sebagai Deputy Director Programming SCTV, David Suwarto turut berbagi opini di XYZ Day 2018. Bagi David, perkembangan teknologi yang semakin maju membuat generasi saat ini sudah mulai 'melek' akan media. Bahkan beberapa di antaranya sudah mulai terjun sebagai influencer atau konten kreator. Menurutnya, seorang kreator harus memiliki keunikan agar konten yang ia buat menjadi viral dan diperbincangkan.

"Sebetulnya membuat sesuatu yang viral itu challenging, bahkan dari kami pun saat mencoba, yang kita nggak rencanakan viral, yang kita rencanakan malah nggak viral. Jadi menurut saya kembali ke konten, dan konten itu sendiri dari beberapa unsur, dari ceritanya dan dari promosinya. Harus ada promosi yang betul supaya mencapai viral sebelum konten itu jadi konten basi. Dan tentunya pengetahuan tentang spesifik platform insight, durasinya mungkin berapa panjang, cara motongnya itu gimana, dan formula-formula lainnya," ujar David Suwarto, saat ditemui di acara XYZ Day 2018, Rabu (25/4).

Harus diakui, menurut David, secara umum konten yang bagus adalah yang ditonton oleh orang banyak. Namun di sisi lain, ada beberapa aspek yang tak boleh luput saat membuat konten. Terutama dari segi kreativitas dan manfaat.

David Suwarto berbagi pandangan tentang konten kreator saat ini. © KapanLagi.com/Bayu HerdiantoDavid Suwarto berbagi pandangan tentang konten kreator saat ini. © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

"Sebagai pelaku industri, tentunya konten yang ditonton banyak orang itu bagus. Tapi kalau saya pribadi yang sedang kita coba garap adalah konten yang bisa memberikan inspirasi, yang bisa membantu banyak orang. Bukan hanya bermanfaat bagi orang itu sendiri tapi juga masyarakat sekitarnya dia, sehingga kita maju juga sebagai komunitas," jelasnya.

Lebih lanjut, David juga berharap agar apa yang ia sampaikan di acara XYZ Day 2018 bisa dipahami oleh para konten kreator. Tentunya dengan menyuguhkan konten yang bermanfaat, netizen Indonesia juga bisa semakin maju ke depannya.

"Semoga apa yang kita sampaikan tidak mengecewakan, sesuatu bermanfaat bagi orang yang datang hari ini. Semoga sukses acaranya, kita harap bisa maju terus dari tahun ke tahun dan semakin banyak orang yang merasakan manfaatnya," pungkasnya.

(kpl/adb/tmd)

Reporter:  

Adhib Mujaddid

TOPIK TERKAIT