Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Bikin Bangga, Karir Penyanyi Jessica Nathania Makin Meroket di Amerika Serikat

Minggu, 22 Mei 2022 16:10 WIB
Bikin Bangga, Karir Penyanyi Jessica Nathania Makin Meroket di Amerika Serikat
(credit: Dokumentasi Pribadi)

Kapanlagi.com - Setelah berhasil menjadi juara pada usia enam belas tahun dalam kompetisi menyanyi online terbesar di Asia Tenggara, Star Voices Asia, penyanyi cantik Jessica Nathania terus mengembangkan karirnya di dunia musik. Sebagai debut perdananya, Jessica Nathania juga sempat merilis lagu debutnya, Say What You Want pada 2014, dibantu oleh Rio Febrian.

Setahun kemudian, ia melanjutkan karier dan pendidikan di Boston, Massachusetts pada tahun 2015. Jessica berkuliah di Berklee College of Music yang bergengsi dengan Penghargaan Beasiswa Tur Asia, dan kemudian lulus pada tahun 2018 dengan gelar Sarjana Summa Cum Laude dalam Penulisan Lagu.

"Boston adalah salah satu kota di Amerika yang terkenal dengan perkembangan industri musiknya. Dan memang dari dulu saya berangan-angan untuk bisa sekolah di Berklee College of Music serta meneruskan studi saya di jurusan musik, lebih tepatnya Songwriting," kata Jessica Nathania, Minggu (22/5/2022).

"Setelah lulus, banyak kesempatan performing dan tawaran kerja yang lumayan menarik jadi saya putuskan untuk berkarir di sini. Bersyukur banget bisa mendapat support dari banyak orang dan bisa terus menitih karir walaupun jauh dari tanah air," tambah Jessica Nathania.

1. Beberapa Kali Tampil di AS

Gambar

Yang bikin bangga lagi, Jessica Nathania beberapa kali mendapat kesempatan tampil di sana. Bukan hanya, panggung kecil, ia juga pernah menunjukkan kebolehannya di Markas Besar PBB di New York. Pada tahun 2017 ia merilis Solitude sebagai kolaborasi dengan CHLMTE, produser yang berbasis di Atlanta.

Setahun kemudian Jessica merilis EP debutnya bertajuk, FRAGILE bersama dengan single Valentine yang menampilkan musisi dan rapper Michael Hung. Di masa pandemi, Jessica masih bisa menemukan cara untuk menyalurkan kreativitasnya dan merilis musiknya. Ia berkolaborasi dengan Sidney Mohede dan Art of Worship dalam sebuah lagu original berjudul Engkau Baik.

2. Berkolaborasi dengan Banyak Musisi

Gambar

Ini adalah kolaborasi global yang dilakukan dari jarak jauh dengan menampilkan musisi dari seluruh dunia – termasuk produser/arranger/keyboardist Yaahn Hunter Jr. di Los Angeles (California), The Budapest String Orchestra di Hongaria, Sidney Mohede di Indonesia, dan Jessica Nathania di Boston (Massachusetts).

Jessica juga berkesempatan berkolaborasi dengan penyanyi/penulis lagu Singapura, Bitty, dalam lagunya yang berjudul (We Used To Be) S O C L O S E. Ini juga dilakukan dari jarak jauh, dengan Jessica di Boston dan Bitty di Singapura, mereka meggunakan piranti Zoom untuk mengerjakan lagu dan produksi bersama. Lagu ini telah tersedia di semua platform streaming.

3. Tampil dengan The Hub

Gambar

Dengan industri musik dan konser-konser di dunia musik dibuka kembali, Jessica saat ini kembali ke jalan untuk tur di seluruh Pantai Timur di Amerika Serikat, tampil dengan band The Hub, dan menyelesaikan albumnya yang akan segera dirilis.

"Album debut yang akan dirilis menampilkan dulu single Thank You. Di sini saya bekerja sama dengan produser yang berbasis di Jepang, Yoshi Kodate. Thank You menonjolkan gaya penulisan lagu yang unik dan penuh perasaan, dengan vokal Pop/R&B yang segar berpadu secara harmonis dengan aransemen upbeat dan groovy," kata Jessica.

4. Album Baru Buat Perkembangan Diri

Gambar

Lagu ini dibuat dengan atmosfer yang menyenangkan dan ceria namun dewasa dan jujur . Semoga single barunya ini akan menandai babak baru dalam perjalanan musik Jessica dan debut album sebagai comeback-nya.

"Bagi saya, album ini akan menjadi sebuah bukti fisik hasil jerih payah dari semua musisi yang terlibat dan akan sangat saya banggakan. Album ini juga mengilustrasikan perkembangan diri dan perjalanan karir saya selama ini. Semoga debut album saya bisa menyentuh hati para pendengar dan bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang," tutupnya.