Bikin Tas Tulang Manusia, Desainer Arnold Purnama Viral di Media Sosial

Renisya Satya Putri   | Sabtu, 28 Maret 2020 00:22 WIB
Bikin Tas Tulang Manusia, Desainer Arnold Purnama Viral di Media Sosial

Kapanlagi.com - Nama Arnold Putra sedang viral di media sosial karena karya-karyanya yang tidak biasa. Pasalnya, desainer yang memiliki konsep fashion unik dan antimainstream ini membuat tas jinjing dari tulang belakang manusia dan kulit lidah buaya asli.

Tulang belakang yang digunakan untuk tas ini adalah tulang belakang anak-anak yang ukurannya pas dengan panjang tali tas. Dalam situs theunconventional.co.uk, dijelaskan bahwa bahan-bahan tas tulang manusia ini diperoleh secara bertanggung jawab dan persediaannya terbatas. Tas buatan tangan ini dibanderol seharga € 4.050 (sekitar Rp 73 juta).

1 dari 4 halaman

1. Tuai Kontroversi

Tuai Kontroversi © Twitter/SuperiorGrab
Banyak netizen memandang negatif karya Arnold tersebut. Berdasarkan postingan Instagram Arnold Putra, akun @SuperiorGrab menyimpulkan bahwa bahan-bahan tas tulang manusia tersebut diperoleh oleh sang desainer dari suku pedalaman yang dikunjunginya.

Tulang manusia ini ditukar dengan barang-barang yang tidak dimiliki oleh suku tersebut, seperti jam tangan palsu yang dibeli di Mangga Dua. Menurut akun tersebut, Arnold Putra telah melanggar hak asasi manusia dan hukum internasional dan menjadikannya fashion.

2 dari 4 halaman

2. Perspektif Baru

Perspektif Baru © theunconventional.co.uk
Lahir dan besar di Jakarta, saat ini Arnold Putra dikabarkan menetap di Los Angeles. Namun, desainer ini mengaku dirinya menghabiskan sebagian besar waktunya di jalanan untuk traveling. Desainer avant garde ini menjelajah daerah-daerah terpencil di seluruh dunia untuk mencari inspirasi dan memenuhi ketidakpuasannya akan tren yang disebutnya menipu dan buang-buang waktu para korban mode.

Arnold ingin memberikan perspektif baru dan apresiasi lebih terhadap fashion. Selain tas tulang manusia yang sedang viral, Arnold juga merancang pakaian dengan bahan yang tidak biasa pula, seperti jaket dan rompi unik dari kulit babi yang dibanderol seharga € 2.500 (sekitar Rp 45 juta).

3 dari 4 halaman

3. Jadi Model Cover Majalah

Jadi Model Cover Majalah © Tatler Magazine
Wajah Arnold Putra menghiasi cover majalah Tatler Indonesia edisi Maret 2020. Ia termasuk salah satu influencer yang dipercaya akan membawa perubahan di dunia ini menurut versi majalah tersebut.
4 dari 4 halaman

(kpl/rsp)

TOPIK TERKAIT