BJ Habibie Dirawat di Rumah Sakit, Sederet Tokoh Tanah Air Ini Datang Menjenguk

Tyssa Madelina | Rabu, 11 September 2019 17:00 WIB
BJ Habibie Dirawat di Rumah Sakit, Sederet Tokoh Tanah Air Ini Datang Menjenguk

Kapanlagi.com - Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie atau akrab disapa BJ Habibie tengah dirawat secara intensif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto sejak Minggu (8/9/2019). Kondisi kesehatannya dikabarkan menurun setelah mengalami kebocoran klep jantung.

Saat ini, BJ Habibie sudah ditangani oleh puluhan tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian. Mengetahui hal itu, sederet tokoh nasional Tanah Air ini pun langsung datang menjenguk.

Siapa saja mereka? Yuk intip beritanya di sini!

1 dari 4 halaman

1. Presiden Jokowi

Presiden Jokowi (rumgapres/Agus Suparto)
Presiden Jokowi datang menjenguk BJ Habibie pada hari Senin (09/09/2019) lalu. Ia datang dengan didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu langsung bergegas menuju ruangan tempat Habibie dirawat. Yakni di Cerebro Intensive Care Unit (CICU), Paviliun Kartika RSPAD Gatot Soebroto.

Pada pukul 18.23 WIB, Jokowi berada di ruangan Habibie. Kedatangannya pun disambut langsung oleh Kepala RSPAD Gatot Soebroto dr Terawan Agus Putranto.

2 dari 4 halaman

2. Susilo Bambang Yudhoyono

Susilo Bambang Yudhoyono dok. Demokrat
Selang sehari setelah Jokowi datang menjenguk, kali ini giliran Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Ia datang ke rumah sakit pada tanggal 10 September 2019 pukul 10.00 WIB.

Kehadiran SBY disambut hangat oleh putra BJ Habibie, Ilham Habibie serta adik BJ Habibie, Temmy Habibie. Lantaran lebih memprioritaskan untuk datang menjenguk, SBY pun membatalkan acara pertemukan fraksi Demokrat.

"Beliau dapat kabar bahwa mantan Presiden Habibie saat ini sedang dirawat di RSPAD menurut informasi tersebut keadaan kritis sehingga Bapak SBY memutuskan untuk menjenguk sebagai sahabat," ujar putra SBY, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, saat menyampaikan sambutan, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

3 dari 4 halaman

3. KH Ma'ruf Amin

KH Ma'ruf Amin (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin juga dikabarkan sudah datang menjenguk kondisi BJ Habibie. Tak sendiri, ia ke sana bersama putrinya, Siti Ma'rifah.

"Pagi jam 8.30 WIB, beliau sudah menjenguk Pak Habibie," ujar Siti Ma'rifah saat dikonfirmasi, Selasa (10/9/2019).

4 dari 4 halaman

4. Anies Baswedan

Anies Baswedan (Liputan6.com/Yoppy Renato)
Pada tanggal 10 September 2019, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga menyempatkan diri untuk datang menjenguk BJ Habibie. Saat ditanya soal kondisinya, Anies mengatakan kalau BJ Habibie masih belum bisa diajak berkomunikasi.

"Beliau tidak bisa berkomunikasi. Beliau posisinya seperti tidur dalam perawatan tertentu. Praktis kalau komunikasi tidak ada, tapi Beliau sadar mendengar. Tapi tidak berkomunikasi, karena ada alat dipasang di situ," kata Anies di lokasi, Selasa pagi.

(kpl/tmd)


Editor:  

Tyssa Madelina

↑