Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Black Box Segera Jadi Saksi Kunci Penyingkap Tabir Penyebab Kecelakaan Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah

Minggu, 28 November 2021 15:37 WIB
Black Box Segera Jadi Saksi Kunci Penyingkap Tabir Penyebab Kecelakaan Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah
Black Box Mobil Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah Sedang Diselidik Pihak Kepolisian (credit: istimewa)

Kapanlagi.com - Kini sedang diselidiki lebih lanjut oleh pihak kepolisian, penyebab kasus kecelakaan maut yang merenggut nyawa Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah di Tol Jombang KM 672 mulai menemukan ditemukan kejelasan.

Hal itu terjadi lantaran pihak kepolisian tengah menunggu proses penelitian dari black box dari mobil tersebut. Unit SUV Mitsubishi Pajero Sport Dakar yang ditumpangi oleh korban memang memiliki fitur black box seperti yang ada pada pesawat.

Dilansir pikiran-rakyat.com, Kasat Lantas Polres Jombang, AKP Rudi Purwanto, menjelaskan bahwa fitur black box yang ada di mobil korban ini mampu merekam data 5 detik sebelum terjadi benturan.

Kecepatan kendaraan sebelum terjadinya tabrakan serta presentase pengemudi menginjak pedal gas juga dapat terukur dengan baik dari data black box tersebut.

1. Masih Lakukan Penelitian Black Box

Fakta yang mengungkapkan bahwa bangkai kendaraan sampai berbalik arah pasca peristiwa tabrakan pun nantinya bisa dijelaskan dengan gamblang melalui data yang direkam oleh black box.

Untuk saat ini, pihak pabrikan mobil Mitsubishi masih melakukan penelitian terhadap black box tersebut di Jepang. Nantinya, keterangan ahli dari pihak Mitsubishi bakal menjadi pantauan pihak kepolisan untuk memperjelas situasi proses penyelidikan yang mereka lakukan.

Seperti diketahui, kecelakaan maut ini mengakibatkan dua korban luga dan dua korban tewas, yang tak lain adalah Vanessa Angel beserta sang suami, Bibi Ardiansyah. Sejauh ini polisi telah menetapkan supir kendaraan tersebut sebagai tersangka tunggal, Tubagus Muhammad Joddy.

Proses pemeriksaan tersangka pun sudah hampir selesai. Polisi juga sudah melakukan pemeriksaan terhadap 10 keterangan saksi. Dalam waktu dekat, kasus ini bakal segera dilimpahkan ke Kejaksaan.