Bukan Gila, Haedar Anak Pertama Elvy Sukaesih Ternyata Mengidap Skizofrenia

Ayu Srikhandi | Minggu, 15 September 2019 10:10 WIB
Bukan Gila, Haedar Anak Pertama Elvy Sukaesih Ternyata Mengidap Skizofrenia

Kapanlagi.com - Kamis malam kemarin (12/9/2019) anak sulung Elvy Sukaesih bernama Haedar mengamuk di warung kecil milik tetangga sekitar rumah. Ia merusak barang dagangan bahkan hampir melukai pemilik warung dengan sebilah samurai. Penyebabnya begitu sederhana, yakni tersinggung tidak dihutangi satu bungkus rokok.

Tak lama pihak kepolisian mendatangi kediaman Haedar di kawasan Cawang, Jakarta Timur. Setelah bermusyawarah, pria tersebut dibawa ke RS Jiwa Duren Sawit untuk menjalani perawatan.

1 dari 2 halaman

1. Mengidap Skizofrenia

Mengidap Skizofrenia © KapanLagi.com/Bayu Herdianto
Atas kejadian ini, banyak anggapan masyarakat bila Haedar mengalami gangguan jiwa. Setelah berbicara dengan pihak dokter, keluarga akhirnya mengetahui bila Haedar mengidap skizofrenia. Mereka baru tahu karena selama ini hanya menganggap terkena depresi.

"Kita juga baru tahu. Selama ini kita tahunya dia depresi, tertekan, dengan kejadian ini kita keluarga akhirnya tahu. Kata rumah sakit namanya skizofrenia," kata Fitria selaku anak kedua Elvy Sukaesih ditemui di kediamannya, kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (14/9/2019).

2 dari 2 halaman

2. Sedang Perawatan

Pihak keluarga berkeberatan dengan sebutan Haedar mengalami kegilaan. Karena bila sedang tidak kambuh, ia berperilaku normal seperti orang pada umumnya.

"Karena maaf, kalau dibilang hilang ingatan, sakit jiwa, Haedar tidak seperti itu. Dia masih ingat semua, bisa salat, bisa mengaji. Dalam keadaan normal dia baik, penuh kasih sayang. Dia bukan orang gila, tapi bukan orang yang normal. Artinya kalau minum obat secara teratur, baik, dia bisa berkehidupan seperti biasa," tandas Fitria.

(kpl/abs/jje)


Reporter:  

Adi Abbas Nugroho

↑