Bukan Pertama Kali, Muzdalifah Tetap Grogi di Momen Akad Nikah dengan Fadel

Rahmi Safitri | Jum'at, 26 April 2019 19:00 WIB
Bukan Pertama Kali, Muzdalifah Tetap Grogi di Momen Akad Nikah dengan Fadel

Kapanlagi.com - Muzdalifah dan Fadel Islami Rakhmat kini telah sah sebagai pasangan suami istri. Dua orang yang usianya beda 15 tahun ini menjalani akad nikah pada Jumat pagi (26/4/2019). Setelah prosesi, Muzdalifah dan Fadel pun menemui rekan media untuk membicarakan perihal akad yang telah mereka jalani dengan lancar.

Akad nikah Muzdalifah dan Fadel gabungan dari tiga adat yaitu Jawa, Makassar dan Bugis. Dua adat terakhir dipakai karena Fadel berasal dari Indonesia Timur. Persiapan untuk prosesi itu pun sekitar satu minggu.

"Alhamdulillah hari ini saya dan Muzdalifah sudah melangsungkan akad pernikahan, sah dan sakral. Untuk semua persiapan dan prosesnya memang nggak ada persiapan yang lebih karena kita memang dari awal mengkonsep sesederhana mungkin," jelas Fadel ketika ditemui di di kediaman Muzdalifah, kawasan Tangerang, Jumat (26/4/2019).

1 dari 3 halaman

1. Soal Tanggal Akad Nikah

Seperti yang kita tahu, tinggal menghitung hari umat muslim seluruh dunia akan menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan. Oleh karena itu sempat ada pertanyaan apakah Fadel sengaja memilih menikah sebelum Ramadhan agar bulan puasa nanti sudah punya istri. Ia membantah dan memberi tahu kalau ini semua permintaan Muzdalifah yang katanya lebih paham soal filosofi.

"Pokoknya intinya kan sebentar lagi bulan puasa, kalau saya kan pasti kan kalau saya berdua jalan, foto gandengan aja suka ada gosip yang nggak enak kan. Kan kalau sudah memasuki bulan puasa kan kita sudah berkeluarga enak gitu," kata Muzdalifah.

2 dari 3 halaman

2. Soal Mas Kawin

Soal Mas Kawin Fadel dan Muzdalifah © KapanLagi.com®/Abbas Adi Nugroho
Dalam ijab kabul wajib hukumnya ada mas kawin. Untuk pernikahan ini, Fadel memberikan mas kawin berupa emang 50 gram dan uang tunai 88 real. Ketika ditanya apa ada makna dari nilai tersebut, Fadel membenarkan.

"Semua setiap apa persiapan dan mas kawinnya itu pasti ada arti dan filosofi tertentu gitu. Yang itu mungkin nggak bisa kita jelaskan karena itu dicampurin dua adat, adat Makassar sama Bugis. Dan saya juga kurang paham sih gimana, yang lebih tahu sih orangtua gitu," katanya.

3 dari 3 halaman

3. Muzdalifah Sempat Grogi

Buat yang belum tahu, sebelum menjadi istri Fadel, Muzdalifah sempat menikah tiga kali dan punya 5 anak. Salah satu suaminya adalah pedangdut, Nassar. Lalu bagaimana perasaan Muzdalifah setelah menikah lagi dengan Fadel?

"Alhamdulillah lega, bahagia. Ya banyak doa aja, banyak doa. Pasti kan manusia kan pasti ada groginya, detik-detik yang sangat sakral ya pasti," pungkas Muzdalifah.

(kpl/abs/pit)


Reporter:  

Adi Abbas Nugroho

↑