Buntut Batal Penuhi Undangan Ceramah, Ustaz Solmed Laporkan Ustaz Suwarna ke Polda Jawa Barat

Editor KapanLagi.com   | Jum'at, 15 Oktober 2021 12:40 WIB
Buntut Batal Penuhi Undangan Ceramah, Ustaz Solmed Laporkan Ustaz Suwarna ke Polda Jawa Barat
Credit Foto: Kapanlagi.com

Kapanlagi.com - Ustaz Saleh Mahmud atau akrab disapa Solmed merasa dirugikan dengan pernyataan Ustaz Suwarna soal dirinya yang batal memenuhi undangan ceramah di Garut, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. Solmed pun akhirnya memutuskan untuk melaporkan Suwarna, selaku penghubung dan pria bernama Tisna, selaku panitia, ke Polda Jawa Barat, Selasa, 5 Oktober 2021.

"Saya terangkan terlebih dahulu bahwa Ustaz Suwarna bukan panitia tapi broker, penghubung, dan dia dari sejak awal sudah tidak jujur tentang lokasi acara," kata Solmed di kediamannya, Jakarta, Rabu (6/10/2021).

Penyebab Solmed terpaksa melaporkan Suwarna dan Tisna adalah karena keduanya tidak mengindahkan ultimatum yang dilayangkan Solmed agar membuat pernyataan maaf secara terbuka. Ustaz Solmed melaporkan jika pihak penyelenggara diduga telah menyampaikan pernyataan yang mengandung unsur berita bohong dan pencemaran nama baik.

"Karena dia tidak menyadari kesalahan yang dia lakukan sehingga dia asik bicara sehingga melontarkan kata kata yang isinya berita bohong, pencemaran, fitnah dan saya tentunya sebagai warga negara berhak untuk melakukan pembelaan dan klarifikasi atas segala pernyataannya sehingga setelah saya sampaikan 2x24 jam anda melapor ke polisi atau minta maaf atau saya akan laporkan," kata Solmed.

"4 hari saya tunggu tapi tidak ada itikad baik maka sesuai janji saya, saya secara resmi mengadukan persoalan ini ke Polda Jawa Barat. Dua orang yang saya laporkan, Ustaz Suwarna dan Tisna," tambah Ustaz Solmed.

1. Resmi Dilaporkan

Awal dari permasalahan ini adalah Ustaz Solmed tidak hadir dalam undangan ceramah yang sudah disampaikan oleh Suwarna. Ustaz Solmed yang kala itu tidak mengetahui perubahan lokasi yang awalnya di Bandung dan berubah menjadi di Garut merasa dirugikan karena tidak dikonfirmasi lebih lanjut sebelumnya. Untuk menjerat Suwarna dan Tisna, Solmed melaporkan dengan Pasal pencemaran nama baik dan menyertakan dua Pasal lainnya, yakni Pasal 36 dan 51 KUHP.

"Saya tidak ingin banyak membuat opini, saya tidak ingin banyak berdebat, apa yang Pak Suwarna dan Pak Tisna sampaikan, silakan saudara selesaikan saja di mata hukum di Polda Jawa Barat. Dan Pasal yang kita kenakan semua rata rata Undang Undang, ini Pasal yang pertama, Undang Undang ITE dari mulai Pasal 27 kemudian Pasal 36, dan Pasal 51. Itu ancamannya 12 tahun penjara dan denda 12 Miliar. Ini resmi sudah saya laporkan, sudah saya adukan, sudah saya sampaikan, beserta bukti-bukti yang saya miliki untuk diproses kepada kepolisian," kata Solmed.

Reporter:   Dadan Deva