Cat Stevens Dicurigai Aparat A.S

Erlin | 23 September 2004, 14:39 WIB
Kapanlagi.com - Yusuf Islam, penyanyi yang dulu dikenal dengan nama Cat Stevens, menghadapi sikap paranoia yang berlebihan dari aparat Amerika Serikat ketika mereka menemukannya dalam penerbangan dari London ke Washington. Rupanya Yusuf Islam termasuk dalam daftar orang yang dicurigai sehingga pesawat yang membawa Yusuf diperintahkan mendarat.

Penerbangan 919 United Airlines yang membawa penyanyi Morning Has Broken sedang terbang ke Washington, pun dialihkan sekitar 600 mil ke Maine. Setelah wawancara dengan Yusuf yang menjadi Muslim pada tahun 1977 oleh aparat Administrasi Keamanan Transpor AS, akhirnya Yusuf yang juga pendiri sekolah Islam di London ditolak masuk Amerika Serikat dengan "alasan keamanan nasional".

Pihak aparat AS menolak memberikan alasan lebih jauh tentang alasan larangan Yusuf masuk ke wilayah negara adikuasa itu. Dideportasi bukanlah pengalaman pertama bagi Yusuf, sebab iapun pernah dideportasi dari negara Zionis Israel empat tahun lalu atas tuduhan mendukung kelompok pejuang Muslim Palestina. Yusuf sendiri akhirnya kembali ke London. (ind/erl)

Editor:  

Erlin