Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Cerita Ivan Gunawan Bangun Sebuah Masjid di Uganda Afrika, Simak Potret Bangunannya di Sini!

Guntur Merdekawan   | Sabtu, 10 September 2022 16:00 WIB
Cerita Ivan Gunawan Bangun Sebuah Masjid di Uganda Afrika, Simak Potret Bangunannya di Sini!
Ivan Gunawan bangun masjid di Uganda / Credit Foto: Dokumentasi Pribadi

Kapanlagi.com - Siapa yang tak kenal dengan nama Ivan Gunawan? Ia merupakan salah satu artis dan juga desainer Tanah Air yang paling tersohor. Selain itu, Ia juga memiliki sederet bisnis yang juga sangat moncer, sehingga bisa dipastikan jika kehidupannya lebih dari berkecukupan.

Meskipun begitu, Igun, begitu Ia akrab disapa, tak lantas lupa untuk berbagai kepada sesama. Pria berusia 40 tahun itu kerap melakukan berbagai aksi sosial, seperti yang baru saja dilakukannya dengan membangun sebuah masjid di Uganda, Afrika.

Kenapa Uganda? Karena menurut Igun populasi Muslim di sana saat ini mengalami peningkatan. Dan seiring dengan peningkatan tersebut, dibutuhkan masjid-masjid baru yang layak untuk menampungnya.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

"Jadi kebetulan di Uganda banyak muslimnya, tapi mereka kan susah kehidupannya. Mau cari air bersih susah, buat makan susah, apalagi masjid. Jadi  saya berpikir adalah hal yang tepat untuk mendirikan masjid di sana," ungkap Ivan Gunawan.

Selain minimnya masjid, umat Muslim yang berada di Uganda juga minim mendapatkan peralatan untuk menunaikan ibadah salat. "Nggak cuma masjid. Baju Muslim, mukena, sarung di sana juga susah. Ya alhamdulillah ada anak Indonesia yang mau meluangkan waktunya ikut di dalam acara kemanusiaan. Dari situ saya jadi terinspirasi untuk membuat masjid yang bagus dan fasilitas yang layak untuk saudara muslim di sana," sambungnya.

Pria yang sukses menjadi pengusaha ini juga mengungkapkan bahwa pembangunan masjid ini sekaligus untuk memenuhi nazar atau janjinya untuk membangun sebuah rumah ibadah.

1. Dibangun Mulai 16 April 2022

Gambar

Ivan Gunawan memang tidak sendiri dalam pembangunan ini. Ivan bekerja sama dengan Yayasan Golden Future dan juga desainer interior kenamaan tanah air Susan Emir, yang merupakan pemilik Rumah Sabine.

"Di sini aku bekerja sama dengan sejumlah pihak yang memiliki misi yang sama. Yang pertama adalah Yayasan Golen Future Indonesia, yang terus memantau pembangunan masjid ini dari awal sampai sekarang. Untuk desain masjid, aku percayakan pada desainer interior kebanggaanku Susan Emir, pemilik Rumah Sabine. Dengan sentuhannya, aku percaya bahwa masjid ini insya Allah akan menajadi megah, cantik, nyaman dan pastinya bermanfaat bagi umat," jelas Igun.

Masjid Indonesia by Ivan Gunawan pertama kali dibangun tanggal 16 April 2022 berlokasi di Distrik Butanjwa Hoima Uganda Barat. Warga Uganda Barat, tepatnya di Distrik Hoima sangat antusias menyambut project pembangunan Masjid tersebut. Masjid dengan ukuran cukup besar itu mampu menampung hingga 400 Jamaah dalam sekali waktu salat.

"Aku nggak mempersiapkan apa-apa jadi aku hanya mengirimkan dananya aja, mereka langsung cari lahan. Dan yang bikin aku takjub, lahan masjid yang aku buat itu suasananya bagus banget dan sedikiit lagi jadi," terangnya.

2. Dana dari Keuntungan Perusahaan

Gambar

Proses pembangunan masjid di Uganda sendiri saat ini hampir selesai. Meski belum berdiri sempurna, masjid ini telah digunakan oleh warga sekitar untuk beribadah. Hal ini dilaporkan oleh Hamza Tamimy, relawan dari Golden Future Indonesia yang tengah berada di Uganda untuk mengawasi pembangunan masjid tersebut.

"Alhamdulillah pembangunan sudah 80 persen jadi. Meski belum sepenuhnya jadi, masjid saat ini sudah dipakai salat dan kajian oleh warga sekitar. Selain masjid, kita juga membuat sumber air untuk berwudhu dan sehari-hari juga digunakan oleh masyarakat sekitar untuk masak dan minum," jelas Hamza.

Hingga saat ini pembangunan masjid ini terus dikebut setiap hari agar masyarakat sekitar bisa beribadah dengan nyaman. Sementara untuk dana pembangunannnya, pemilik sejumlah brand fashion ternama seperti Mandjha Hijab, Ivan Gunawan Prive dan Love By Ivan Gunawan ini secara rutin mengirimkan bantuan pembangunan masjid tersebut dari dana CSR perusahaannya.

"Jadi di perusahaan kami selalu ada dana untuk CSR. Dana CSR inilah yang kami gunakan untuk berbagai kegiatan sosial. Salah satunya adalah pembangunan masjid di Uganda itu. Selain Uganda, aku turut serta memperbaiki fasilitas beberapa mesjid di Jawa Barat," tambah Ivan.

3. Alasan Ivan Gunawan Rajin Bantu Sesama

Gambar

Sebelumnya, Ivan Gunawan telah melakukan berbagai aksi sosial yang tak terhitung jumlahnya. Lalu apa alasan desainer kondang itu untuk rajin berbagi kepada sesama?

"Bagi aku, hidup itu harus bermanfaat bagi banyak orang. Alhamdulillah dengan keahlian mendesain pakaian aku bisa bermanfaat buat orang-orang yang ingin tampil menawan. Lalu dari desain itu pula, aku bisa membuka peluang kerja bagi banyak orang. Aku percaya kalau manfaat atau kebaikan yang kita tabur itu nantinya pasti akan berbalik lagi sama diri kita. Jadi jangan pernah bosan untuk selalu menebar manfaat di manapun kita berada," tuntasnya.

Editor:   Guntur Merdekawan