ADVERTORIAL

Chiki Fawzi: Menjadi Relawan Bisa Mengikis Kesombongan Diri

Wuri Anggarini  | 27 Januari 2020, 13:49 WIB
Chiki Fawzi: Menjadi Relawan Bisa Mengikis Kesombongan Diri

Kapanlagi.com - Chiki Fawzi, penyanyi sekaligus anak dari pasangan Marissa Haque dan Ikang Fawzi bercerita selama menjadi relawan bencana. Ia mengaku bahwa selama menjadi relawan banyak pelajaran dan pengalaman hidup yang bisa ambil agar tidak sombong.

“Banyak pelajaran hidup yang bisa diambil selama menjadi relawan. Mulai lebih bersyukur dan mengetahui konsep bahagia sederhana dan terpenting, bisa mengikis kesombongan karena saya sadar hidup hanya sementara dan numpang lewat saja,” tutur Chiki Fawzi saat ditemui usai menjadi narasumber talkshow di acara Jakarta Humanity Festival 2020, Minggu (26/1/2020).

Mengenai relawan, lanjut Chiki bahwa pertama kali menjadi relawan sejak 2013. Lalu ia berkolaborasi menjadi relawan dengan Dompet Dhuafa pada bencana gempa bumi Pidie, Aceh.

(c) KapanLagi/Reza Pahlevi(c) KapanLagi/Reza Pahlevi

“Mulai jadi relawan sejak aku menyelesaikan pendidikan di Malaysia. Aku ingat, saat menjadi relawan di Aceh, aku membantu apa yang bisa aku bantu, seperti memasak dan menghibur anak-anak di sana. Jadi relawan itu, aku lebih menawarkan diri sih. Dan menjadi relawan aku bukan untuk menjadi ‘hero' ya atau untuk eksistensi. Lebih untuk sesama,” ujar Chiki.

Penyanyi yang lagunya menjadi Original Sountrack film NKCTHI ini melanjutkan bahwa selama menjadi relawan tidak menganggu aktivitas dirinya sebagai penyanyi.
“Namanya suka rela. Jadi, kalau aku ada waktu, aku pasti bisa. Kalau tidak bisa, aku lebih mainkan peran skala prioritas. Mana hal yang harus aku dahulukan,” ujar Chiki.
Perlu diketahui, Chiki Fawzia merupakan narasumber talkshow pada acara Jakarta Humanity Festival 2020 dan membuat workshop melukis di payung.

Jakarta Humanity Festival

Untuk kedua kalinya, Jakarta Humanity Festival kembali digelar. Acara yang bertajuk Humanesia ini bertujuan untuk mengajak kaum milenials agar lebih peduli dalam isu kemanusiaan.

Ketua Program Humanesia 2019-2020 mengatakan bahwa acara tersebut dimeriahkan dengan acara talkshow, workshop, bazaar dan musik.

(c) KapanLagi/Reza Pahlevi(c) KapanLagi/Reza Pahlevi

"Perpaduan acara tersebut kami gabungkan untuk mengkampanyekan aksi mengenai isu kepedulian bagi para kaum milenials untuk turut memeriahkan acara ini," ujar Muhammad Ikhsan, Minggu (26/1/2020).

Mengenai acara tersebut, Ikhsan melanjutkan bahwa Jakarta Humanity Festival 2020 merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa sebagai semangat berbagai di penghujung Bulan Kemanusiaan yang turut didukung oleh Wardah dan Tokopedia Salam.

"Kampanye kebaikan yang berlangsung sejak akhir tahun lalu, menyerukan gerakan untuk berbagi kepada sesama yang tengah dirundung kesusahan maupun bencana,” tutur Ikhsan.

Dalam acara tersebut, Jakhunfest 2020 memberlakukan donasi seharga Rp 50 ribu yang nanti hasilnya bakal disalurkan untuk program kemanusiaan Dompet Dhuafa seperti Rumah Tetap untuk Palu dan Lebak, Banten.

(c) KapanLagi/Reza Pahlevi(c) KapanLagi/Reza Pahlevi

"Dengan acara tersebut bisa mewadahi kepedulian anak muda jadi bisa berdampak positif bagi mereka,” tutur Ikhsan. 

Pada acara tersebut terdapat berbagai acara. Mulai Humanitalk, Workshop, Bazaar prelove, dan sound of Humanity. Bicara musisi, acara Jakhumfest 2020 bakal dimeriahkan oleh Navicula, V1MAST, dan Chiki Fawzia.

Reporter: Reza Pahlevi

 

 

(adv/wri)

Editor:  

Wuri Anggarini

TOPIK TERKAIT