Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Cinta Laura Ungkap Selalu Menjadi Murid yang Bawel Saat Sekolah

Dian Eka Ryanti   | Senin, 04 Juli 2022 21:01 WIB
Cinta Laura Ungkap Selalu Menjadi Murid yang Bawel Saat Sekolah
Cinta Laura (Credit Foto/:KapanLagi.com/ Nuzulur Rakhmah)

Kapanlagi.com - Cinta Laura dikenal sebagai artis yang peduli dengan dunia pendidikan. Tak heran apabila baru-baru ini dirinya ditunjuk sebagai Campaign Ambassador atau wajah kampanye #SerunyaBelajar Ada di TikTok. Kampanye edukasi terbaru TikTok ini fokus mengajak pengguna untuk sama-sama menikmati dan berbagi semangat belajar dengan cara yang lebih seru.

Ia pun sempat menceritakan metode belajarnya saat sekolah dulu hingga kuliah. Cinta Laura mengatakan bahwa dirinya termasuk murid yang bawel karena suka bertanya kepada guru dan dosennya.

"Yang pasti waktu kecil sama remaja bahkan waktu masuk kuliah pun aku tipe orang yang bawel," ujar Cinta Laura saat ditemui di KLY Office, Menteng, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

1. Tak Pernah Takut Salah

Cinta Laura juga tak pernah takut untuk mengangkat tangan lebih dulu dan mengemukakan pendapatnya walau ternyata salah. Karena menurutnya kesalahan itu adalah proses belajar.

"Aku selalu menjadi murid yang nggak takut untuk ngangkat tangan di kelas dan selalu duduk paling depan. Karena aku tipe orang yang suka dengar apa kata guru dan tidak takut kalau angkat tangan dan memberi pendapat ternyata salah. Karena aku selalu percaya bahwa dulu kalau kita membuat kesalahan itu proses belajar," ungkapnya.

2. Beruntung Memiliki Guru yang Suportif

Artis kelahiran 17 Agustus 1993 itu juga merasa bersyukur karena dulu memiliki guru-guru yang sangat suportif. Sehingga proses belajar saat itu lebih menarik dan membuat dirinya lebih percaya diri dengan apa yang dipelajarinya saat di sekolah.

"Pengalaman menarik waktu masih sekolah dulu adalah bahwa aku sangat beruntung mempunyai guru-guru yang sangat encourage murid-murid termasuk aku sendiri untuk selalu bertanya dan bahkan kalau pendapat kita bertentangan dengan gurunya itu nggak membuat gurunya menjadi marah atau merasa dilawan karena itu adalah bagian dari proses belajar," paparnya.

3.

"Satu hal lagi yang aku suka mayoritas tes-tes yang aku lakukan itu tidak ada yang pilihan ganda, mayoritas pertanyaan membutuhkan jawaban di mana kita harus berpikir untuk diri kita sendiri dan mencari solusi sendiri kecuali matematikan," ungkap Cinta Laura.

"Kalau itu sejarah, sains, ekonomi apa pun itu kita harus memberikan penjelasan sendiri atas fakta yang ada. Karena dari situ guru ingin melihat apakah kita hanya sekedar menghapal atau dapat membuat interpretasi sendiri apa yang kita pelajari," lanjutnya.

4. Pentingnya Belajar

Cinta Laura pun berpesan kepada anak-anak muda zaman sekarang jangan pernah berhenti belajar dan terus mengembangkan kemampuannya jika ingin bersaing dengan orang-orang di luar sana.

"Kenapa aku selalu bermotivasi mau belajar karena dunia kita semakin kompetitif dan juga semakin digital. Kalau kita sebagai anak muda Indonesia ingin bisa berkompetisi atau bisa setara dengan orang-orang di negara-negara lain kita harus mau terbuka pikirannya dan harus mau terus belajar. Karena walaupun kita mungkin expert dalam bidang kita pasti ada orang di luar sana atau kelompok di luar sana yang lebih baik dari kita," jelas Cinta Laura.

5. Pentingnya Improve Skill

Cinta Laura layak dijadikan panutan anak muda. Ia juga mengungkapkan bahwa betapa pentingnya untuk terus improve skill yang dipunya atau bahkan belajar skill-skill baru, agar tau apa yang lagi trend di dunia ini.

"Apa sih yang harus kita lakukan untuk bisa lebih baik, apa sih yang kita harus lakukan terus bisa berkompetisi dengan orang-orang di luar sana," pungkasnya.

Reporter:   Nuzulur Rakhmah