Dangdut Klasik Kata Iis Dahlia Seperti Fashion, Begini Maksudnya

Canda Permana | Jum'at, 31 Mei 2019 12:40 WIB
Dangdut Klasik Kata Iis Dahlia Seperti Fashion, Begini Maksudnya

Kapanlagi.com - Berbicara soal musik dangdut, memang banyak hal yang bisa dikupas secara mendalam. Namun kali ini, biduanita cantik Iis Dahlia jelaskan soal awal musik yang menjadi ciri masyarakat Indonesia nih.

Menurut penyanyi dangdut berkumis tipis ini, awalnya musik ini berawal dari dangdut klasik. Namun seiring perkembangan jaman, kombinasi beberapa unsur musik pun bisa menjadi warna di dalam musik dangdut itu sendiri.

"Jadi gini, dangdut kan memang awalnya dari klasik. Tapi sesuai dengan perkembangan jaman, dangdut itu musik yang mau dicombain dengan musik apapun bisa dan enak. Kalau aransemennya bener, kalau cara nyanyinya bener, mau dimasukin pop, mau dimasukin koplo, mau di masukin jazz, mau dimasukin remix, itu tuh dangdut yang bisa apa-apain aja," ungkap Iis Dahlia.

 

 

 

1 dari 3 halaman

1. Tidak Tutup Diri

Tidak Tutup Diri Iis Dahlia © KapanLagi.com/Agus Apriyanto
Sebagai seorang pedangdut, Iis mengaku tidak pernah menutup diri dengan kehadiran genre musik dangdut lain. Bagi biduanita kelahiran Indramayu, 29 Mei 1972 ini hadirnya campuran musik lain dalam dangdut tidak menjadi masalah, asal enak didengar.

"Kitanya pun gak menutup diri sama musik-musik yang lain. Karena buat kita tuh orang dangdut, ya gak papa. Kenapa ada orang kan yang ich gak ach lagu dikoploin gini-gini, gak papa kalau buat aku. Asal pendengar bisa menerima. Dari pada buat sesuatu gak ada yang ngedengerin, ya kan," terangnya.

2 dari 3 halaman

2. Punya Masa Sendiri

Punya Masa Sendiri © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya
Akan tetapi pelantun lagu Seroja ini juga menjelaskan, bahwa musik dangdut klasik mempunyai masanya tersendiri. Masih banyak orang-orang yang terkadang rindu akan lantunan musik-musik dangdut yang syahdu.

"Dangdut yang klasik orang kangen, dan sekarang itu lagi masanya orang kangen sama musik-musik klasik. Sama, dunia pop juga kaya gitu juga kan. Musik tahun 80 atau 90'an tuh laku lagi," jelas Iis

3 dari 3 halaman

3. Masih Dapat Kesempatan

Sementara pemilik nama lahir Iis Laeliyah ini juga menuturkan, bahwa nantinya para musisi yang menginjak usia lanjut, masih mendapat kesempatan di kancah musik tanah air. Iis juga menyebutkan bahwa musik sama halnya seperti fesyen.

"Bahkan si senimannya yang udah tua pun jadi laku lagi ngamennya. Jadi memang musik bolak-balik aja sih kalau aku bilang, sama kaya fashion," pungkas Iis Dahlia.

(kpl/irf/CDP)


Editor:  

Canda Permana

↑