Dari Panggung Lenong Sampai Layar Televisi, Ini 6 Potret Perjalanan Karier Omas

Jum'at, 17 Juli 2020 12:55 WIB
Dari Panggung Lenong Sampai Layar Televisi, Ini 6 Potret Perjalanan Karier Omas
Omas (credit: instagram/mandra_ys/d_ambiyaofficial/kapanlagi.com/Muhammad Akrom Sukarya)

Kapanlagi.com - Dunia hiburan tanah air kembali berduka. Kabar duka itu kali ini datang dari komedian Omas. Pelawak yang identik dengan gaya bicaranya yang ceplas-ceplos itu baru saja mengembuskan nafasnya yang terakhir pada Kamis (16/07) malam. Penyakit diabetes diduga jadi penyebab dari kematian Omas.

Puluhan tahun berkarier di dunia hiburan, sosok Omas Wati tentu akan selalu terkenang. Tidak hanya aktif sebagai pelawak, Omas juga diketahui pernah membintangi sejumlah judul sinetron. Untuk mengingatkan kembali sepak terjang Omas sebagai pelawak di tanah air, berikut beberapa ulasan perjalanan karier mendiang Omas Wati dirangkum dari berbagai sumber.

1. Awal Mula Menyukai Lenong

Lahir di Jakarta 3 Mei 1966, Omas Wati tumbuh di lingkungan keluarga pecinta seni, terutama seni Betawi. Mempunyai keluarga seniman, Omas sudah mengenal seni pertunjukan lenong sejak usianya masih tujuh tahun. Sejak saat itu pula, ketertarikannya pada lenong tumbuh. Terlebih, Mandra dan Mastur, kedua saudara Omas juga punya ketertarikan pada kesenian yang sama.

2. Memulai Karier dari Panggung Lenong

Kecintaan Omas Wati pada seni pertunjukan lenong semakin dalam. Lenong kemudian juga pintu gerbang bagi Omas untuk jadi selebriti terkenal. Dilansir dari antaranews.com, Omas pernah tergabung dalam grup lenong besutan Mastur. Grup lenong tersebut bernama Sinar Baru.

3. Berkembang di Lenong

Lenong tidak hanya jadi pintu gerbang bagi Omas Wati. Lenong juga jadi jalan yang menempa Omas Wati sehingga jadi komedian yang punya karakter dan ciri khas. Dari lenong pula, Omas bertemu dengan sejumlah komedian berdarah betawi lainnya seperti Mpok Nori, Mpok Atiek, hingga Malih. Bersama mereka, Omas Wati mengisi acara lenong di televisi berjudul LENONG ABANG NONE.

4. Merambah Sinetron

Dikenal lucu dengan gaya bicaranya yang ceplas-ceplos, Omas Wati sempat memperlebar sayapnya ke dunia akting. Tercatat sejumlah sinetron dia bintangi, seperti CINTA FITRI, UPIK ABU DAN LAURA, KECIL-KECIL MIKIR JADI MANTEN, dan masih banyak lagi. Meski hanya mendapatkan peran pendukung, penampilan Omas sukses memberi kesan lucu pada sinetron yang dia bintangi.

5. Dikenal Sebagai Pelawak

Mempunyai karier yang cukup menjanjikan sebagai pemain sinetron, Omas Wati pada akhirnya memilih mundur. Usia yang semakin senja, jadi salah satu alasannya. Usia dan kondisi kesehatan jadi pertimbangannya untuk tak mengambil tawaran syuting sinetron kejar tayang yang cenderung tidak pasti jam kerjanya.

Rehat dari sinetron Omas tetap dikenal sebagai pelawak atau komedian. Omas cukup kerap muncul di berbagai acara talkshow sebagai pengisi acara maupun bintang tamu.

6. Mendirikan Sanggar Seni

Tak hanya sibuk mengejar karier, Omas Wati yang punya kepedulian terhadap seni budaya Betawi juga sempat mendirikan sanggar seni. Sebuah organisasi bernama Pangsi atau singkatan dari Pelestarian Sanggar Seni Budaya Betawi berhasil dia dirikan bersama kakaknya, Mandra.

Tidak hanya itu, Omas Wati juga sempat mendirikan grup lenong dan tari topeng betawi bernama Letop. Jadi, kepedulian Omas Wati terhadap seni budaya Betawi memang tak perlu diragukan lagi.

7. Turunkan Barat Seni ke Anak

Dikenal sebagai pelawak yang ceplas-ceplos dan lucu, Omas Wati berhasil membesarkan tiga anak sendirian dengan penuh kasih dan keibuan. Ya, wanita yang tutup usia pada 54 tahun ini merupakan seorang single parents. Besar di keluarga seni, tidak hanya dekat, Omas juga menurunkan bakat seni ke anak-anaknya. Namun, Omas tidak memaksakan kemauannya pada anak. Semua Omas kembalikan pada kemauan anaknya masing-masing.

Itulah di antaranya beberapa potret dan ulasan perjalanan karier dari Omas Wati. Perjuangannya dalam meniti karier dan kecintaannya pada budaya, patut kita acungi jempol. Selamat jalan, semoga tenang di sisi Tuhan ya, Mpok Omas.