Deddy Mizwar: Gempa Yogya Adalah Peringatan

Editor KapanLagi.com | 01 Juni 2006, 14:18 WIB
Kapanlagi.com - Ketua Dewan Pertimbangan PARFI, Deddy Mizwar mengatakan bahwa bencana gempa yang terjadi di Yogya merupakan peringatan bagi manusia untuk selalu mawas diri. Dikatakan oleh Deddy sebelum memimpin keberangkatan beberapa pengurus dan anggota PARFI ke Yogya, Selasa (31/5), bahwasanya setiap kali munculnya peristiwa, seperti bencana jogja sekarang initak lebih sebuah peringatan bagi semua mahluk.

"Bahwa ada kekuatan lain diluar kita yaitu Tuhan yang lebih kuasa atas segalanya di dunia ini," tuturnya. "Yang diperkirakan akan terjadi malah tidak terjadi (gunung merapi –red), sebaliknya apa yang tidak diperkirakan dan yang tidak mungkin, malah terjadi dan mungkin. Ini menandakan kekuatan Tuhan sangat berkuasa," ujar Deddy menegaskan kembali.

Dan gempa di Yogya yang menghancurkan harta-benda dan nyawa, merupakan sesuatu yang sangat meyakitkan bagi bangsa ini. "Andai tangan kita sakit, maka seluruh badan akan sakit, itu gambaran yang sedang terjadi dengan negara ini," katanya.

Disisi lain Deddy juga mengungkapkan rasa keprihatinan terhadap kondisi Yogya sekarang ini. Disinyalir ada beberapa orang yang mengambil keuntungan dari peristiwa bencana ini. Seperti penjarahan dan penyelewengan.

Untuk penjarahan, Deddy mungkin masih maklum, karena mungkin ini dilakukan oleh penduduk yang memang sangat membutuhkan, walaupun hal semacam ini tetap salah. Tapi untuk penyelewengan, aktor kawakn ini hanya bisa geleng-geleng kepala. "Itulah manusia, masih saja ada yang memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan," ujarnya tak habis pikir.

Maka untuk menhingdari hal semacam itu, PARFI Pusat yang nantinya akan dipandu oleh PARFI daerah Yogya, akan turun langsung dengan mendirikan posko di daerah Bantul sebanyak dua titik. "Yang jelas semuanya sudah diatur," jelasnya singkat. (kl/ww)