Dede Sunandar Rela Jual Organ Tubuh Untuk Kesembuhan Anak Yang Sakit Langka

Galuh Esti Nugraini | Sabtu, 10 Agustus 2019 12:20 WIB
Dede Sunandar Rela Jual Organ Tubuh Untuk Kesembuhan Anak Yang Sakit Langka

Kapanlagi.com - Dede Sunandar menceritakan bagaiama kondisi anak keduanya, Ladzan Syafiq Sunandar. Diketahui jika Ladzan tengah mengidap Williams Syndrome atau Sindrom Williams. Jenis penyakit langka yang berpengaruh pada bagian tubuh.

Biasa efek dari sindrom ini terlihat pada perbedaan wajah, seperti dahi yang lebar, hidung pendek serta pipi yang penuh. Dalam kondisi yang terjadi dari anak Dede ini, ada masalah pada jantung, paru-paru hingga lambung.

Untuk penyembuhan, sang anak pun harus dioperasi. Tak hanya sekali, namun 4 tahap operasi yang harus dilakukan. Di usia 1-3 tahun, 7 tahun, 13 tahun 23 tahun.

1 dari 2 halaman

1. Biaya Pengobatan Anak Dede Sunandar

Sampai sekarang, ia dan keluarga terus semaksimal mungkin lakukan pengobatan yang harus dikontrol setiap bulannya. Tak heran jika ia butuh biaya besar. Untungnya ia pun miliki asuransi, meski harus menunggu rencananya Agustus akan dioperasi.

Untuk susunya sendiri, sang anak harus minum susu khusus jantung. Harganya pun mencapai 300 sampai 400 untuk sehari dua hari minum.

2 dari 2 halaman

2. Ada Yang Bantu Anak

Ada Yang Bantu Anak (credit: Trans 7 Official YouTube)
Tak diduga ada orang Amerika yang ingin membantu penyembuhan sang anak. Ya, berawal dari sang istri yang kerap kali membagi kisah penyakit sang anak. Bahkan semua pengobatan ditanggung sepenuhnya oleh orang tersebut.

Namun, Dede menolak tawaran itu. "Mikirnya kalau di sana (Amerika) kita tinggal di sana gimana? Kalau saya sih, kalau memang Allah kasih ujian buat Dede, enggak masalah. Dede mau ikhtiar di Jakarta saja," ungkap Dede Sunandar saat menjadi bintang tamu di program acara Okay Bos yang dipandu Raffi Ahmad.

Ia dan istri berusaha sabar dalam menghadapi cobaan ini. Sampai ia pun rela lakukan apapun demi kesembuhan anak.

"Buat Reren yang sabar (merawat anak). Kalau Dede mampu sampai kapan pun enggak ada (meninggal), hingga Dede jual semua organ tubuh buat anak demi kesembuhan, enggak masalah," pungkasnya.

(kpl/gen)


↑