Dekat Dengan Anak, Begini Sosok Sunan Kalijaga di Mata Salmafina

Dhefa Mauren Roos Mary | Selasa, 14 Agustus 2018 15:58 WIB
Dekat Dengan Anak, Begini Sosok Sunan Kalijaga di Mata Salmafina

Kapanlagi.com - Kedekatan antara orang tua dan anak tidak terelakkan lagi. Contohnya saja hubungan Sunan Kalijaga dan Salmafina. Sedekat apa sih mereka? Yuk simak!

Pria yang berprofesi sebagai pengacara ini sering terlihat mendampingi anak-anaknya. Terutama mendampingi anak sulungnya, Salmafina. Padahal seperti yang kita tahu, Sunan Kalijaga merupakan pengacara yang sukses. Ia sering wara-wiri menyelesaikan permasalahan para artis.

1 dari 4 halaman

1. Antar anak-anak sekolah

Di temui di sebuah kesempatan wawancara ia menceritakan kedekatannya dengan sang anak. Saking dekatnya sunan Kalijaga terus menyertai anak-anaknya sejak kecil. Contohnya saja dari hal-hal kecil seperti mengantar sekolah.

"Gimana enggak deket saya sama Salma ya, dari dia TK sampai dengan SMA sampai dengan selesai sekolah itu, setiap pagi belasan tahun saya yang nganter," ujar Sunan Kalijaga saat ditemui di kawasan Jalan Kapten Tendean, Mampang, Jakarta Selatan, Senin (13/8).

2 dari 4 halaman

2. Kebiasaan

Kebiasaan Sunan Kalijaga © KapanLagi.com/Bayu Herdianto
Menurut Sunan Kalijaga, hal ini sudah menjadi kebiasaannya. Ternyata Sunan berusaha menyempatkan waktunya untuk anak-anaknya, bahkan membiasakannya. "Saya berusaha pagi itu sama anak-anak walaupun saya hanya setengah jam perjalanan. Dari situlah kita bisa ngobrol soal apa aja," ungkap Sunan Kalijaga.

Menurut Sunan, ia terbuka dengan bahasan apa pun dengan anak-anaknya. Mulai dari soal agama sampai kehidupan ia terbuka. Hal ini jelas ia lakukan agar ia dan anak-anaknya tetap dekat.

3 dari 4 halaman

3. Ayah yang protektif

Selain itu ia juga mengungkapkan sebuah fakta menarik. Dan fakta ini tak banyak diketahui orang. Usut punya usut ia adalah ayah yang protektif! Hal ini diakuinya dengan tegas. Begini penuturannya, "Kalau itu dari dulu ya!"

Menyambung statementnya Sunan Kalijaga kembali mengungkap fakta menarik. Meski protektif, ia tetap memiliki keterbatasan. Ia tidak bisa terus-terusan bersama anak-anaknya karena sibuk bekerja. Untuk itu ia berserah kepada Tuhan agar anak-anaknya berada di dalam lindunganNya.

4 dari 4 halaman

4. "Ayah tidak pernah berubah"

'Ayah tidak pernah berubah' Sunan Kalijaga © KapanLagi.com/Bayu Herdianto
Ditemui di waktu yang bersamaan, Salmafina Khairunnisa anak sulung Sunan Kalijaga tak mau ketinggalan mengemukakan pendapatnya. Di mata gadis cantik ini, sang ayah adalah orang yang konsisten. "Ayah tidak pernah ada perubahan," pungkasnya.

Katanya kalaupun ada perubahan selalu ke arah yang lebih baik. Misalnya saja saat memarahinya. Salmafina bercerita betapa kerasnya Sunan Kalijaga saat memarahinya dulu. Tapi kini sang ayah justru menegurnya dengan perlahan. "Kadang aku tanya, 'Emang kenapa ayah begitu?' Dia bilang karena ayah pernah ABG hahaha enggak bisa dikerasi. Jadi aku kaget gitu. Jadi ayah tidak keras sama sekali ya," tutupnya.

(kpl/aal/ren)


Reporter:  

Sahal Fadhli

↑