Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Delapan Bulan Pasca Pendarahan Otak, Komedian Tukul Arwana Semakin Bisa Pahami Sesuatu dan Berikan Respons

Selasa, 24 Mei 2022 17:03 WIB
Delapan Bulan Pasca Pendarahan Otak, Komedian Tukul Arwana Semakin Bisa Pahami Sesuatu dan Berikan Respons
Kondisi Tukul Arwana makin membaik ©KapanLagi.com/Deki Prayoga

Kapanlagi.com - Pada September 2021 Tukul Arwana dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (PON). Penyebabnya karena komedian tersebut alami pendarahan pada otak.

Delapan bulan berlalu, Rizky Kimon selaku manager sekaligus perwakilan keluarga mengabarkan bila kondisi Tukul semakin membaik. Kini pria tersebut bisa memahami sesuatu dan memberikan respons.

"Kondisi Mas Tukul sampai hari ini memberikan progres yang baik pastinya. Gerakan semakin banyak, dan pemahaman lebih baik dari sebelumnya. Biasanya kalau ketemu orang masih bingung siapa, sekarang udah fokus," tutur Kimon ditemui di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Senin malam (23/5/2022).

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. Lakukan Tiga Terapi

Gambar

Selama beberapa bulan ini, Tukul Arwana secara rutin menjalani tiga terapi agar bisa kembali seperti sedia kala. Salah satunya adalah terapi wicara supaya bisa berbicara.

"Terapinya masih sama ada okupasi, ada fisioterapi, ada terapi wicara dan dibantu penyembuhan dari klinik. Untuk tiga terapi itu dilakukan secara bergantian misal hari ini okupasi sama fisioterapi, besok fisioterapi sama terapi wicara. Untuk terapi wicara belajar A, I, U, E, O, cuma A sama O beliau sudah bisa, pelan-pelan emang," lanjut Kimon.

2. Kawal Sampai Kondisi Normal

Gambar

Tiga terapi itu akan dilakukan sampai Tukul Arwana bisa kembali seperti sebelumnya. Berapa lama waktu yang dibutuhkan pihak keluarga mencoba sabar dan berserah.

"Prosesnya akan dilakukan sampai Mas Tukul pulih ya. Kalau untuk sampai kapan, saya dan pihak keluarga juga belum berani memastikan sampai kapan. Yang pasti kami kawal terus sampai Mas Tukul sembuh," tegas Kimon.

3. Dipantau Dokter Terawan

Gambar

Selama sakit, rupanya kondisi Tukul Arwana dipantau langsung oleh Dokter Terawan. Dokter itu pun menyarankan agar Tukul mendapatkan vaksin nusantara.

"Kebetulan kan Mas Tukul ini dipantau sama Dokter Terawan, jadi kemarin Dokter Terawan memberi masukan untuk diberi vaksin Nusantara. Sampai saat ini nggak ada efek samping. Semoga nggak ada efek yang gimana-gimana. Yang pasti saat ini Mas Tukul sehat," ucap Kimon.

4. Kangen Dunia Entertainment

Gambar

Rasa rindu Tukul Arwana di dunia entertainment tidak disampaikan secara langsung kepada Rizky Kimon. Hanya saja, jika Tukul tengah menonton tayangan televisi maupun YouTube, Rizky Kimon sempat menanyakan rasa kangen kegiatan syuting kepada presenter 58 tahun itu.

"Menyampaikan sih enggak. Cuma terlihat dari, kadang saya kan nonton YouTube bareng sama beliau. Saya sendiri yang ngomong, pake bahasa jawab. 'piye Mas, kangen tho, mari' gimana mas, kangen kan? Ayo sembuh, kita syuting lagi, job lagi. Itu sih yg dia kangenin. (Respon) Dia pakai isyarat (nunjukin jempol)," kata Rizky Kimon.