Deretan Artis Tolak Glorifikasi Saipul Jamil, Ada Sutradara Angga Sasongko yang Stop Kerja Sama dengan TV Terkait

Editor KapanLagi.com   | Selasa, 07 September 2021 21:58 WIB
Deretan Artis Tolak Glorifikasi Saipul Jamil, Ada Sutradara Angga Sasongko yang Stop Kerja Sama dengan TV Terkait
Angga Sasongko & Ernest Prakasa (Credit: KapanLagi.com)

Kapanlagi.com - Bebasnya pedangdut Saipul Jamil terkait kasus pencabulan pada anak di bawah umur menuai kontroversi. Pasalnya, pria 41 tahun itu sempat membuat heboh dengan acara penyambutannya yang dirasa warganet terlalu berlebihan.

Tak sampai di situ saja, warganet makin geram dengan beberapa stasiun TV yang masih mengundang Saipul Jamil ke acara reality show. Hal ini membuat beberapa publik figur ikut bersuara dan menyampaikan kritikannya pada stasiun TV terkait yang dianggap tidak menghormati korban.

Mulai dari pembuatan petisi untuk memboikot Saipul Jamil tampil di stasiun TV, hingga beberapa artis yang menolak kerja sama selama masih menyiarkan mantan suami Dewi Perssik itu. Berikut deretan artis yang ikut menolak Saiful Jamil dan kritikannya.

1. Najwa Shihab

Jurnalis dan pembawa acara, Najwa Shihab menyoroti kembalinya Saipul Jamil yang sedang trending. Dalam postingan Instagram-nya, ia memberi headline “Glorifikasi dan Bahaya Normalisasi Kekerasan Seksual.”

Ia menuliskan kritiknya bahwa hal tersebut dapat menjadi fenomena ‘pemakluman' atas kekerasan seksual terhadap dua remaja yang dilakukannya. Terlebih, menurutnya, hal tersebut akan membuat pelaku tak juga jera bahkan tak malu untuk tampil di depan publik.

"Yang gak kalah bahaya, orang-orang bisa gak malu lagi kalau melakukan kekerasan seksual. Selain itu, perilaku ini juga bisa bikin orang-orang jadi merasa "biasa" melihat para pelaku kekerasan seksual," tulis Najwa di postingan Instagram-nya. 

2. Arie Kriting

Penampilan Saipul Jamil di televisi juga memicu kritik Arie Kriting. Komika dan aktor itu dengan tegas takkan bekerja sama dengan stasiun TV terkait yang masih menampilkan laki-laki yang kerap disapa bang ipul tersebut.

Bahkan dalam postingan terbarunya, seorang jurnalis stasiun TV yang meminta izin memakai potongan video untuk tayangan pendukung sebuah acara, dengan tegas Arie tolak. Ia tak rela konten dalam acara stasiun tv yang masih menampilkan Saipul Jamil tersebut memakai satu pun karya maupun image-nya.

Kritikannya tersebut ia sampaikan melalui sebuah video yang ia unggah di akun instagram-nya. Ia kembali menegaskan bahwa itu merupakan bentuk perlawanannya pada pelaku pedofilia dan kekerasan terhadap anak di bawah umur. 

3. Ernest Prakasa

Dengan terang-terangan, bintang film dan sutradara CEK TOKO SEBELAH ini melemparkan sindiran terhadap fenomena kembalinya Saipul Jamil. Ia pun ikut mengomentari langkah kerja lembaga pengawas penyiaran terhadap stasiun TV yang mengglorifikasi Saipul Jamil.

"Bau busuk apa yang menyengat ini? Oh, ternyata bau bangkai dari matinya nurani stasiun TV yang memperlakukan mantan napi pelecehan seksual bagaikan pahlawan," tulisnya di akun twitter pribadinya @ernestprakasa.

Tak berselang lama, ia pun mengunggah video di akun Instagramnya dan memberi pernyataan apresiasi pada Lembaga Pengawas Penyiaran Indonesia yang akhirnya mengeluarkan perintah larangan televisi untuk glorifikasi kebebasan Saipul Jamil. 

4. Hesti Purwadinata

Komedian dan presenter cantik, Hesti Purwadinata pun ikut menyampaikan suara penolakannya terhadap Saipul Jamil. Tak tanggung-tanggung, ia dengan tegas tak ingin acara yang ia pandu mengundang maupun menampilkan Saipul Jamil. Pernyataanya tersebut ia sampaikan melalui akun twitternya.

"Dari awal kebebasannya yg terlalu over exposure, dan tetiba muncul di tv dgn treatment drama yg bikin mual, tindakan personal gw lakukan adalh menyampaikn keberatan untuk tidak mengundang di acara yg gw ada disitu," ungkap Hesti pada Senin lalu di akun twitternya @hestiprwdinata.

5. Soleh Solihun

Komika Soleh Solihun pun ikut angkat bicara dengan kebebasan Saipul Jamil yang tampil di reality show televisi. Ia berkeinginan melaporkan fenomena tersebut kepada lembaga penyiaran. Namun dalam kicauannya twitternya, ia pun menyayangkan kasus yang sedang terjadi pada lembaga penyiaran Indonesia.

"Mau lapor ke "lembaga yg ngawasin siaran" soal glorifikasi artis mantan napi kasus pelecehan, eh tapi ya lembaganya juga membiarkan karyawannya melakukan pelecehan," tulisnya di akun twitternya @solehsolihun.

6. Kemal Palevi

Aktor dan komika Kemal Palevi ikut menyayangkan sambutan meriah yang diberikan kepada Saipul Jamil. Tak hanya itu, ia juga menyoroti orang-orang yang masih memberi dukungan dan ruang kepada Saipul Jamil untuk kembali berkancah di dunia hiburan.

"Iya bener, Tuhan aja maha pemaaf. Tp kpn jeranya c**k. Dann weyy, ini pelaku pencabulan remaja lohh. Udh terbukti bersalah lohh, masuk penjara. Kok judulnya seolah-olah jadi korban? Gak mikiran apa mental korban pencabulannya? Keluarganya? Mana pas bebas disambut kayak pahlawan,"tulis Kemal di Instagramnya @kemalpalevi.

Kemal makin miris dengan judul yang dibuat dalam sebuah acara reality show tersebut yang terkesan membuat Saipul Jamil seolah-olah sebagai korban.

7. Angga Sasongko

Terbaru dari fenomena bebasnya Saipul Jamil, sutradara ternama Indonesia, Angga Dwimas Sasongko bersama Visinema Pictures menyatakan dengan tegas untuk memberhentikan kerja samanya dengan stasiun TV yang masih menampilkan Saipul Jamil terkait distribusi film Nusa dan Keluarga Cemara.

Menurutnya, penayangan Saipul Jamil tidak berbagi nilai yang sama dengan karya Angga Sasongko yang ramah anak. Pernyataannya tersebut ia maksudkan untuk mendukung gerakan yang melawan dirayakannya pelaku kekerasan seksual pada anak di media.

"Pemberhentian pembicaraan kesepakatan ini berlaku tidak hanya kepada stasiun TV yang sudah menayangkan, tapi juga stasiun TV lain yang nantinya melakukan tayangan serupa. Demikian pernyataan sikap kami. Terima kasih," tulis Angga Sasongko dalam sebuah thread twitternya @anggasasongko.

Artikel ini ditulis oleh: Aditia Lestari

Editor:   Editor KapanLagi.com