Dianggap Keterlaluan, Aksi Baim Wong Marahi Bapak yang Meminta Uang Padanya Bakal Dibawa ke Komnas HAM

Selasa, 12 Oktober 2021 09:30 WIB
Dianggap Keterlaluan, Aksi Baim Wong Marahi Bapak yang Meminta Uang Padanya Bakal Dibawa ke Komnas HAM
Baim Wong dan Kiano © instagram.com/baimwong

Kapanlagi.com - Aksi Baim Wong memarahi bapak tua pengendara motor yang disebut Baim pengemis, menuai banyak kritikan. Tak sedikit dari netizen menilai kebaikan dan kedermawanan Baim Wong hanya sekedar untuk konten.

Peristiwa itu pun menjadi sorotan organisasi masyarakat Perkumpulan Anti Diskriminasi Indonesia (PADI). Edi Prastio, selaku Ketua Umum mengaku sangat menyayangkan dengan aksi Baim Wong tersebut.

"Karena dalam ajaran Islam, 'Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah,' dan ketika niat kita bersedekah tidak perlu pilih-pilih. atas kejadian tersebut membuktikan Baim Wong tidak bijak," tuturnya, Senin (11/10/2021).

1. Permintaan Maaf

Edi pun lantas meminta agar Baim Wong meminta maaf kepada bapak pengendara motor. Jika tidak, Edi akan melaporkan Baim ke Komnas HAM.

"Menyikapi peristiwa tersebut PADI meminta Baim untuk minta maaf pada bapak tersebut. Apabila tidak bersedia, Kami akan mengadukan Baim Wong Ke Komnas HAM dengan dugaan melanggar UU.No.39 tahun 1999 Jo UU.No.40 tahun 2008 Tentang Penghapusan Diskriminasi Etnis dan RAS," tuturnya.

2. Awal Permasalahan

Seperti diketahui, konten video YouTube Baim Paula berjudul 'Adiknya Kiano, Udah Pengen Cepet Keluar, Mama Pau Langsung ke Rumah Sakit', menuai kontroversi. Pada menit ke-9 di video tersebut, terlihat Baim memarahi seorang bapak-bapak pengendara motor yang mengikuti Baim untuk meminta bantuan.

Alih-alih memberi bantuan kepada sang bapak, Baim justru memberi uang kepada driver ojol sambil mencaci maki sang bapak yang dinilai Baim mengemis darinya.

"Kerja nih kayak gini (sambil kasih uang ke driver ojol). Jangan ngemis. Ngikutin. Malu maluin aja ngejar-ngejar minta duit," kata Baim.