Dikaruniai Anak Pertama, Edric Tjandra dan Venny Pilih Lahiran dengan Operasi Caesar

Wulan Noviarina Anggraini | Kamis, 21 November 2019 16:47 WIB
Dikaruniai Anak Pertama, Edric Tjandra dan Venny Pilih Lahiran dengan Operasi Caesar

Kapanlagi.com - Edric Tjandra dan istri baru saja dikaruniai seorang anak perempuan yang diberi nama Abigail Tjandra. Bayi perempuan tersebut lahir lewat operasi caesar pada 19 November 2019 yang jika disingkat menjadi angka cantik, 191119.

Alasan Edric dan istri memilih operasi caesar bukan karena masalah kesehatan. Namun kesibukan dan kebebasan memilih tanggal yang jadi pertimbangan Edric dan istri untuk memilih cara lahiran secara caesar.

"Kami memang pilih caesar sih. Karena saya sibuk. Sibuknya mengalahkan kepala negara. Saking sibuknya, kami pikir gini. Caesar itu kan bisa ditentukan tanggalnya. Kalau misalnya lahiran normal, kasihan istri saya. Aduh, kontraksi, gue ga ada di rumah, kasihan dia," ujar Edric ketika ditemui di RSIA Grand Family, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Rabu, (21/11).

 

1 dari 3 halaman

1. Proses Cepat

Proses Cepat © instagram.com/edrictjandra
Proses operasi caesar itu sendiri berlangsung dengan lancar dan cepat. Hanya selang beberapa menit setelah dokter melakukan anestesi, anak pertama Edric dan Venny lahir.

"Dibelek, anaknya keluar. Nggak lama sih, cuma 30 menit, babynya lahir. Langsung dia masuk recovery room. Saya lihat babynya. 19-11-19 pagi-pagi dia udah lahir. Abigail Tjandra. Berat 2,7 kilogram, panjang 48 centimeter," terang Edric.
2 dari 3 halaman

2. Tanggal Cantik

Edric dan istri memang sengaja memilih 19 November sebagai tanggal kelahiran anak pertamanya. Sebenarnya, dokter menyarankan Venny melahirkan antara 17 sampai 28 November.

"Lucu aja gitu, satu sembilan satu, satu, sembilan. Dokter kasih tanggal antara 17-28 November. Dari tanggal 17 - 28. Dari tanggal itu, ya udah kami pikir udah deh 19 aja. Gue juga bisa nemenin. Emang juga ya udah lah, bagus 19-11-19. Nentuin tanggal itu juga sebenarnya juga bagus aja. Nggak ada efek di belakang tanggal. Semua hari baik buat kami. Bagus ini tanggalnya kayak Fitrop, 11-11-19," ujar Edric.
3 dari 3 halaman

3. Asuh Anak Pakai Suster

Asuh Anak Pakai Suster © instagram.com/edrictjandra
Sama-sama belum punya pengalaman mengurus bayi, Edric dan Venny memutuskan untuk mengambil suster. Edric pun belajar menggendong anak dari suster yang mengurus anaknya.

"Gue masih takut. Pake suster biar diajarin caranya. Bukan semua dikasih ke suster. Yang gendong saya, yang ngajarin suster. Kayak beberapa saat kami lagi butuh istirahat, (baru) kasih suster. Yang susah itu gendong di bahu. Saya berhasil, tapi ada suster. Belajar itu kayak proses sih. Awalnya gendong kaku kayak baca proklamasi, lama-lama bisa lumayan," tukasnya.

(kpl/aal/phi)


Reporter:  

Sahal Fadhli

↑