Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Dinyatakan Bersalah, ART Nindy Ayunda Divonis 6 Bulan Penjara & Denda 30 Juta

Selasa, 12 April 2022 18:00 WIB
Dinyatakan Bersalah, ART Nindy Ayunda Divonis 6 Bulan Penjara & Denda 30 Juta
vonis ART Nindy Ayunda © instagram.com

Kapanlagi.com - Sidang kasus penganiayaan dengan terdakwa Lia Karyati kembali digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan agenda putusan. Mantan ART Nindy Ayunda itu dinyatakan bersalah dan divonis 6 bulan penjara.

"Menjatuhkan hukuman terhadap terdakwa dengan pidana penjara enam bulan penjara," ucap Hakim ketua saat persidangan, Selasa (12/4).

1. Denda 30 Juta

Gambar

Selain itu, hakim juga menjatuhkan denda sebesar Rp 30 juta subsidair 1 bulan penjara. Tentunya hukuman 6 bulan penjara tersebut sudah dikurangi masa tahanan yang sudah dijalani Lia.

"Denda 30 juta jika tidak dibayarkan diganti dengan kurungan satu bulan," kata Hakim.

2. Hukuman Lebih Ringan dari Tuntutan

Gambar

Hukuman 6 bulan penjara itu lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum yang meminta pada hakim dalam tuntutannya 7 bulan penjara. Hakim menuturkan hal yang memberatkan terdakwa lantaran perbuatan Lia menyebabkan trauma pada anak Nindy Ayunda. Padahal harusnya sebagai pengasuh Lia memberikan kasih sayangnya pada sang anak.

"Keadaan yang meringankan terdakwa merasa bersalah dan mengakui semua perbuatannya sudah minta maaf belum pernah dihukum terdakwa dalam kondisi hamil dengan usia 8 bulan," jelas hakim.

3. Menerima Vonis

Gambar

Usai vonis dibacakan, hakim meminta tanggapan Lia yang hadir secara virtual dari Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur. Apakah menerima, menolak atau pikir-pikir.

"Menerima yang mulia," tegas Lia.

4. Menunggu Jawaban Jaksa

Gambar

Di sisi lain, jaksa penuntut umum menjawab akan pikir-pikir dengan vonis yang dijatuhkan pada Lia. Hakim memberikan waktu seminggu untuk menunggu jawaban jaksa.