Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Dinyatakan Bersalah Lakukan KDRT Pada Nindy Ayunda, Askara Divonis 2 Bulan Penjara

Selasa, 21 September 2021 18:15 WIB
Dinyatakan Bersalah Lakukan KDRT Pada Nindy Ayunda, Askara Divonis 2 Bulan Penjara
Nindy © instagram.com/nindyayunda

Kapanlagi.com - Sidang kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dengan terdakwa Askara Parasady Harsono digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dalam persidangan yang beragendakan vonis, ayah 2 anak itu dinyatakan bersalah telah melakukan kekerasan pada Nindy Ayunda.

Untuk itu, hakim memutuskan untuk mengganjar Askara Parasady Harsono dengan hukuman selama 2 bulan penjara. Berdasarkan barang bukti yang ada, KDRT terhadap Nindy tidak sampai menghalangi aktivitasnya sehari-hari.

"Mengadili, menyatakan Askara Parasady Harsono terbukti secara sah melalukan tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga dengan sengaja yang dialami Anindya tetapi luka tersebut tidak menghalangi aktivitas sehari-hari," ucap hakim saat sidang, Selasa (21/9).

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa selama dua bulan penjara. Menyatakan barang bukti satu flashdisk yang berisi foto-foto luka lebam Anindya, buku nikah, dan akan dikembalikan kepada Anindya," hakim menambahkan.

1. JPU Ingin Pikir-Pikir Dulu

Askara Parasady Harsono yang mengikuti persidangan di Rutan Salemba secara virtual memberikan keputusan untuk menerima putusan yang diberikan pada dirinya. "Kami menerima putusan tersebut," kata tim kuasa hukum Askara.

Namun, Jaksa Peninuntut Umum (JPU) memilih opsi ketiga, yakni pikir-pikir selama satu minggu terkait hukuman 2 bulan yang diberikan hakim, "Kami pikir-pikir dulu yang mulia."

Sebelumnya, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sempat mendatangkan dua orang tersaksi dari pihak Nindy. Dari pengakuannya, dua saksi tersebut menduga tindak KDRT yang dilakukan Askara terjadi dua hari sebelum Nindy berangkat ke Bali.

Nindy menjelaskan bila ia dan temen-temannya memang ingin pergi ke Bali untuk bersepeda. Namun dua hari sebelum berangkat tiba-tiba Askara marah dan memukulinya. Dimungkinkan ada perkataan dari Nindy yang tak berkenan, sehingga kemarahan semakin menjadi-jadi.

Nindy Ayunda alami dugaan tindak KDRT pada 18 Oktober 2020 sebelum berangkat ke Bali untuk bersepeda. Pada tanggal 19 Oktober ia ke Polres Metro Jakarta Selatan dan menjalani visum.