Disentil KPK Karena Barang Endorse, Mulan Jameela Hapus Postingan

Wulan Noviarina Anggraini | Jum'at, 18 Oktober 2019 13:11 WIB
Disentil KPK Karena Barang Endorse, Mulan Jameela Hapus Postingan

Kapanlagi.com - Mulan Jameela masih menerima endorse barang meski ia sudah resmi menjadi anggota DPR RI. Hal tersebut sebenarnya tidak dilarang, namun secara etika harus memperhatikan beberapa hal.

Termasuk salah satunya aturan dari negara, bahwa seorang pejabat publik harus melaporkan apa-apa yang diberikan kepadanya sebagai hadiah. Termasuk barang endorse, yang nantinya diseleksi oleh KPK, apakah termasuk gratifikasi atau bukan.

Awalnya Mulan hanya mengubah caption di postingannya soal pemberian kacamata bermerk GUCCI yang ia terima dari sebuah online shop. Kemudian istri Ahmad Dhani tersebut memutuskan untuk menghapus postingan.

1 dari 3 halaman

1. Komunikasi Admin Mulan

Komunikasi Admin Mulan © instagram.com/mulanjameela1
Sebelum menghapus postingan, Mulan Jameela mengunggah tangkapan layar percakapan admin akun Instagramnya dengan pihak online shop. Percakapan ini yang menjadi bukti bahwa Mulan tidak menerima kacamata GUCCI seperti caption yang tertulis.

Caption itu pun didapatkan admin Mulan dari pihak online shop. Awalnya berbunyi pemberian, namun kemudian diedit dan ditegaskan bahwa itu adalah endorse.

"Bismillahirrahmanirrahim...Terimakasih @jakarta_eyew**r ngirim kacamata sebagus ini, buat sahabat onlineku yang lagi cari supplier kacamata termurah. bisa order langsung di @jakarta_eyew**r ya...," tulis Mulan pada postingan awal.

"Bismillahirrahmanirrahim... Wwooww @jakarta_eyewear kacamatanya bagus banget, buat sahabat onlineku yang lagi cari supplier kacamata termurah. bisa order langsung di @jakarta_eye**r ya...••#paidpromote," demikian bunyi caption setelah diedit.

2 dari 3 halaman

2. Putuskan Dihapus

Putuskan Dihapus © instagram.com/mulanjameela1
Namun berubahnya caption ini tidak serta merta membuat kontroversi postingan kacamata GUCCI itu mereda. Mulan dan pihak online shop pun akhirnya sepakat untuk menghapus postingan tersebut.

Lewat Insta Story, anggota DPR RI dari Partai Gerindra ini pun menjelaskan soal keputusannya menghapus postingan. Ia pun mengaku akan lebih berhati-hati untuk memfilter endorse yang masuk ke akun pribadinya.

 

3 dari 3 halaman

3. Teguran KPK

Teguran KPK © instagram.com/mulanjameela1 via Detik.com
Sebelumnya, anggota KPK Saut Situmorang menyentil Mulan Jameela karena postingannya di Instagram. Dilansir dari Detik.com, Saut menyebut sikap Mulan yang masih menerima endorse sebagai tindakan yang kurang etis.

"Potongan (rabat) atau diskon saja direkomendasikan untuk ditolak atau dilaporkan ketika anda seorang penyelenggara negara, karena sulit dipahami bahwa pemberian itu tidak ada kaitan dengan posisi anda sebagai penyelenggara negara. Ya saran saya dilaporkan saja ke KPK," ujar Saut, Kamis, (17/10).

(kpl/phi)


↑