Dituding Lakukan Penculikan Anak, Tyas Mirasih Penuhi Panggilan KPAI

Wulan Noviarina Anggraini | 16 Maret 2018, 14:48 WIB
Dituding Lakukan Penculikan Anak, Tyas Mirasih Penuhi Panggilan KPAI

Kapanlagi.com - Hari ini, Tyas Mirasih memenuhi panggilan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) tentang tudingan penculikan anak yang dialamatkan kepadanya. Ditemani oleh Steffi Billianto (Om Tyas), Raiden Soedjono (Suami) dan Amanda Seali Syah (Sepupu), Tyas mendatangi KPAI dan diterima oleh Wakil Ketua KPAI, Rita Pranawati.

Usai berbincang dengan KPAI, Tyas dan keluarganya serta Rita Pranawati menemui awak media. Mereka memberikan penjelasan mengenai apa saja materi pembicaraan hari ini dan juga mengungkap kronologi serta fakta tentang tudingan penculikan bocah perempuan berusia lima tahun berinisial ACB.

"Hari ini sebagaimana konfirmasi mbak Tyas minggu lalu. Mbak Tyas dan keluarga datang ke KPAI untuk memberikan penjelasan terkait laporan seorang ibu, yang tekait dengan cucunya. Hari ini kami mendapatkan informasi sebagaimana dugaan minggu lalu, bahwa terkait dengan proses penculikan ini ketika nenek melaporkan ke KPAI sesungguhnya ini bukan proses penculikan. Tapi sesungguhnya ini soal yang nanti kita bisa jelaskan, intinya bukan penculikan. Bisa diselesaikan dengan proses perdata. Dengan kehadiran mbak Tyas, dan saudara saudaranya. Ada om, om Steff, kemudian mbak Amanda, juga menjelaskan bagaimana Ananda (ACB) ini selama ini diasuh, juga tumbuh kembangnya. Prinsipnya bagi KPAI, kami masih terus melakukan pendalaman tapi hasil dari ini, memberikan gambaran bagaimana kondisi Ananda sekarang yang saat ini sudah bersekolah," terang Rita, Jumat (16/3).
Tyas Mirasih penuhi panggilan KPAI ©KapanLagi.com/Bayu HerdiantoTyas Mirasih penuhi panggilan KPAI ©KapanLagi.com/Bayu Herdianto
Setelah mendapatkan keterangan dari Tyas dan keluarganya, Rita berharap bahwa hak-hak dan pengasuhan Amandine akan terus baik. Ke depannya, KPAI akan melakukan beberapa langkah lanjutan, termasuk kunjungan ke rumah, juga pemanggilan kepada pihak-pihak yang lain.

Rita pun berharap awak media ikut serta menjaga privasi ACB agar bisa bertumbuh kembang dengan baik. "Prinsipnya kami juga menghimbau kepada media, anak ini butuh tumbuh kembang yang baik dan kami berharap privasinya juga dijaga. Karena ini kan terkait masa depannya. Meskipun teman-teman juga membutuhkan berita. Tetapi jauh lebih baik ketika teman-teman juga menghormati hak dari anak ini," terang Rita.

Dalam kesempatan ini, Rita menjelaskan bahwa ACB tidak tinggal bersama Tyas Mirasih seperti yang ditudingkan oleh Maryke. ACB tinggal bersama Amanda Seali Syah yang merupakan sepupu Tyas.

(kpl/pur/phi)

Reporter:  

Mathias Purwanto.