Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Dituntut Bayar Rp 37 Miliar Terkait Kasus Sengketa Merek, Pihak MS Glow Buka Suara

Kamis, 14 Juli 2022 12:24 WIB
Dituntut Bayar Rp 37 Miliar Terkait Kasus Sengketa Merek, Pihak MS Glow Buka Suara
Gilang Juragan99 dan Shandy Purnamasari / Credit Foto: Instagram.com - shandypurnamasari

Kapanlagi.com - Brand kecantikan populer milik Shandy Purnamasari, MS Glow beberapa waktu lalu digugat oleh PS Glow terkait sengketa merk karena dianggap memiliki kesamaan pokok. Dari gugatan tersebut, Pengadilan Niaga Surabaya menyatakan bahwa pihak MS Glow wajib membayar ganti rugi sebesar Rp 37,9 miliar.

Arman Harnis selaku kuasa hukum MS Glow merasa ada yang janggal dengan putusan tersebut. Menurutnya, MS Glow merupakan brand yang sudah terdaftar di Direktoran Jendral Kekayaan Intelektual sejak tahun 2016. Sementara PS Glow baru terdaftar tahun 2021.

"Fakta hukum ini dengan jelas telah diabaikan oleh hakim. Bagaimana mungkin kami meniru sesuatu yang tidak atau belum ada?" ungkap Arman Hanis kepada awak media belum lama ini.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. Ungkapan Kecewa Shandy Purnamasari

Gambar

Shandy yang merupakan istri dari Gilang Juragan99 pun turut mengutarakan kekecewaannya terhadap putusan Pengadilan Niaga Surabaya lewat sebuah postingan di akun Instagram resminya.

"Pengen share ini. Bagaimana bisa kami merk MSGLOW disebut di dalam poin 3 secara tanpa hak dan melawan hukum meniru *SGlow / *SStoreglow? Jelas-jelas merk kami itu sudah ada jauh lebih dulu merk itu. Beginikah hukum di Indonesia? Mengabaikan fakta hukum di lapangan bahwa kami lebih dulu ada dan lebih dulu terdaftar. Menghukum ganti rugi 37,9 milyar di poin 4. Bukannya kami yang lebih dirugikan?" tulis Shandy.

"Sedih banget rasanya. Nggak ada kah perlindungan bagi kami yang sudah berjuang menghabiskan masa muda kami untuk membesarkan MSGlow, membangkitkan perekonomian Indonesia bahkan di saat pandemi? Walaupun masih ada jalan kasasi untuk proses selanjutnya, tapi rasanya tidak adil brand yang meniru kok lebih arogan dari brand yang lebih lama? Bapak-bapak Hakim Pengadilan Niaga Surabaya, semoga keadilan masih ada buat kami," tambahnya.

2. Kronologi Saga Sengketa Nama

Gambar

Kronologinya, MS Glow didaftarkan di Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual pada 2016, kemudian di bulan Agustus 2021 Putra Siregar meluncurkan PS Glow yang memiliki kemiripan nama maupun jenis produk dan desain dengan MS Glow.

MS Glow memenangkan gugatan di Pengadilan Niaga Medan setelah perjalanan panjang sengketa merek ini. Pengadilan Niaga Medan mengabulkan gugatan MS Glow dengan dasar prinsip first to use atau pengguna pertama, dengan fakta bahwa MS Glow terdaftar lebih dulu daripada PS Glow.

Atas putusan Pengadilan Niaga Surabaya tertanggal 12 Juli 2022 terkait gugatan sengketa merek tersebut, MS Glow pun berencana mengajukan kasasi. Seperti apa ending dari saga sengketa nama ini? Ikuti terus beritanya di KapanLagi.com!

 

Topik Terkait