Djenar Maesa Ayu Luncurkan Buku SAIA di Hari Ulang Tahunnya

Wulan Noviarina Anggraini | 15 Januari 2014, 21:41 WIB
Djenar Maesa Ayu Luncurkan Buku SAIA di Hari Ulang Tahunnya

Kapanlagi.com - Bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-41, Djenar Maesa Ayu, merilis buku terbarunya yang merupakan kumpulan cerpen pribadinya berjudul SAIA di Gedung Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, Selasa (14/1) malam.

Sama seperti beberapa buku sebelumnya, SAIA, yang diambil dari salah satu cerpennya menceritakan tentang perempuan yang selalu menjadi kambing hitam saat terjadinya kekerasan terhadap perempuan.

Uniknya, cover buku ini menampilkan bagian tubuh belakang Djenar yang terlihat tanpa busana dan dililit dengan police line bewarna kuning. Menurut Djenar, cover bukunya telah menggambarkan isi dari buku SAIA.

"Sebenarnya ini (cover) mewakili semua perempuan. Karena tubuh perempuan selalu dipersalahkan ketika ada kekerasan terhadap perempuan, kambing hitamnya selalu perempuan," ungkap Djenar.
Djenar Maesa Ayu luncurkan buku baru.Djenar Maesa Ayu luncurkan buku baru.
Sebagai contoh, salah satu cerpennya berjudul Air yang ada di buku SAIA, menceritakan tentang tokoh Aku, seorang perempuan muda yang hamil sebelum menikah. Naas, karena pria yang menghamilinya tak mau tanggung jawab.

Tidak putus asa, tokoh Aku memutuskan untuk tetap melahirkan anaknya lalu membesarkannya seorang diri.

Buku SAIA diterbitkan oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama yang berisik 14 cerpen baru serta bonus cuplikan novel Djenar berjudul Ranjang.

(kpl/pur/phi)

Reporter:   Mathias Purwanto.