Dul Tantang Al dan El Ngomong Bahasa Jawa, Penuh Umpatan Mesra!

Guntur Merdekawan | Sabtu, 23 November 2019 23:15 WIB
Dul Tantang Al dan El Ngomong Bahasa Jawa, Penuh Umpatan Mesra!

Kapanlagi.com - Meski lahir di Jakarta, Al Ghazali, El Rumi dan Dul Jaelani memiliki keturunan Jawa asli dari kedua orangtuanya, Ahmad Dhani dan Maia Estianty. Namun karena tumbuh besar dan terbiasa tinggal di ibukota, mereka bertiga pun lebih sering terdengar ngomong Bahasa Indonesia.

Nah, pada salah satu konten Youtube terbarunya, Dul sang anak bungsu mencoba memberikan challenge pada 2 kakaknya untuk ngomong Bahasa Jawa secara spontan. Rupanya selama ini hanya Dul yang begitu fasih dan masih sering ngomong Bahasa Jawa.

"Ini serius spontan banget. Gue nggak tau apakah tantangan gue bakal berhasil atau mereka malah mengacuhkan gue. Sejauh ini di rumah ini yang ngomong Bahasa Jawa cuma gue doang. Al sama El jarang, makanya sekarang mau gue tantang," ungkap Dul di awal videonya.

1 dari 4 halaman

1. El Rumi Fasih Ngomong Bahasa Jawa

El Rumi Fasih Ngomong Bahasa Jawa
Target pertama adalah El yang sedang duduk santai. Secara mengejutkan, ternyata anak kedua dari Maia itu begitu pandai menggunakan Bahasa Jawa. Bahkan, El beberapa kali membetulkan kosakata Jawa Dul yang masih belepotan.

Uniknya, mereka lantas saling bertukar kata umpatan 'Janc*k'. Namun jangan salah, dalam Bahasa Jawa, terutama penduduk Surabaya dan Malang, 'Janc*k' ada kata umpatan yang sejatinya tidak melulu berkonotasi negatif. El dan Dul pun menjelaskannya secara detail agar tidak ada yang salah kaprah.

"Guys ini maaf ya sebelumnya kalau terkesan kasar. Coba misuh. Sekali lagi maaf, ini budaya Surabaya anak muda keseharian," ungkap Dul.

"Kalau kamu orang Surabaya, Janc*k itu sebenarnya mesra. Tapi kalau kamu nggak tahu Bahasa Jawa, kalian pasti mikirnya kasar. Budaya Jawa Timur sih sebenarnya," ungkap El.

2 dari 4 halaman

2. Al Ghazali Juga Fasih Bahasa Jawa

Al Ghazali Juga Fasih Bahasa Jawa
Setelah El, Dul ganti menantang Al Ghazali. Awalnya, Dul dan El menduga jika kakak sulungnya itu tak akan bisa ngomong Bahasa Jawa. Namun ternyata perkiraan mereka salah!

Ya, di luar dugaan Al juga lihai bicara Bahasa Jawa. Hanya saja, dia memang jarang menunjukkannya ke publik. Lagi-lagi, Al juga berkali-kali mengumpat menggunakan kalimat 'Janc*k' di depan Al.

"Jadi ya 'Janc*k' itu ada beberapa makna. Bisa menjadi kasar, bisa menjadi baik," jelas Al.

3 dari 4 halaman

3. Pesan Dul Jaelani

Di penghujung video, Dul memberikan sebuah pesan yang begitu penuh makna pada para viewers. Ya, Ia meminta agar orang-orang Jawa tidak malu untuk ngomong Bahasa Jawa jika suatu saat mereka merantau ke Ibukota ataupun kota lainnya. Apa alasannya?

"Oh ini yang sangat penting yang mau gue sampaikan. Rata-rata gue punya temen banyak dan mereka rata-rata orang Surabaya, orang Malang. Ketika mereka merantau ke Jakarta, mereka malu untuk menggunakan Bahasa Jawa karena takut dibilang medok. Saya bukan menggurui, tapi berbanggalah dengan budaya Jawa. Mari kita lestarikan budaya kita sekali lagi, tapi yang bagus-bagus," ungkap Dul.

"Bahasa Jawa itu adalah bahasa yang menurut gue indah banget. Gue sama sekali nggak malu sama Bahasa Jawa. Gue sangat bangga. Thanks god, gue terlahir sebagai orang Jawa," tutup pelantun Cakrawala ini.

4 dari 4 halaman

(kpl/gtr)


Editor:  

Guntur Merdekawan

↑