Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Eko Patrio Didik Dengan Cara Kekinian, Suruh Anak Pacaran!

Galuh Esti Nugraini   | Kamis, 23 Agustus 2018 16:05 WIB
Eko Patrio Didik Dengan Cara Kekinian, Suruh Anak Pacaran!
Eko Patrio © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Pasangan Eko Patrio  dan Viona Rosalina ini bisa dibilang harmonis. Kehidupan mereka juga semakin lengkap dengan kehadiran anak-anaknya. Mereka selalu tampak bahagia bersama ketiga buah hatinya yang kini telah tumbuh besar.

Setiap orangtua pasti berbeda cara mendidik anak-anaknya. Hal tersebut juga diakui oleh Eko Patrio. Antara Eko dan Viona juga punya cara tersendiri. Mereka lebih memposisikan diri sebagai teman untuk anak.

"Saya sama ibunya menjadikan anak anak teman. Mereka bisa cerita apa saja sama mamanya. Jaman sekarang memang udah gak bisa kayak ortu jaman dulu yang ngomel terus, kita harus tarik ulur, kadang jadi teman, kadang berantem, bisa jadi saya jadi babysitter, ayahnya disuruh suruh, itu bisa gitu. Terutama yang kecil," ungkap Eko Patrio di Kawasan Kalimalang, Jakarta Timur, Rabu (22/8).

1. Untuk Bersosialisasi

Yang membuat menarik lagi, Eko malah menyuruh anak-anaknya untuk berpacaran. Ketika orangtua lain melarang anak-anaknya, namun berbeda dengan pria kelahiran Nganjuk ini. Bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan agar anak dapat bersosialisasi.

Bukan melihat sisi negatifnya, namun Eko melihat dari segi positifnya. Asal mengerti apa yang harus dilakukan dan yang tidak boleh. Eko juga malah senang ketika memberi uang jajan saat sang anak pergi malam mingguan.

"Malah saya suruh dia pacaran. Dia pacarnya jauh. LDR. Di swiss. Saya bilang, 'Udah jangan jauh jauh yang dipikirin yang deket aja', kata dia, 'enggak, aku kepikiran ama yang sana'. Saya suka kasih duit buat pacaran malam minggu.
Ya saya maunya jadi teman gak mau mereka terkungkung di rumah. Pacaran itu kan artinya dekat dengan orang. Kalau dekat dan perhatian dengan orang nantinya dia akan punya rasa empati. Pacarnya itu pernah datang ke rumah sih. Namanya Sam, Samantha," ucap Eko.

Sama seperti sang suami, Viona juga sependapat. "Mamanya ga ngomel, kita sudah seiya sekata, anak anak harus banyak sosialisasi ketemu orang, jangan pilih pilih teman, kalau dikasih, bilang terima kasih, harus senyum. Jangan sampai anak sombong tamak," imbuhnya.

2.

3. Anak-Anak Yang Mandiri

Tak hanya itu saja, Eko juga telah mendidik anak-anaknya menjadi seseorang yang mandiri. Hal tersebut pun terbukti ketika kini Viona sedang melaksanakan ibadah haji. Eko pun tak alami kesulitan yang berarti mengurus ketiga buah hatinya.

"Mereka mandiri banget sih. Mereka paham ibunya sedang melaksanakan ibadah haji. Ya mereka tetap, sekolah, dan lain lain. Shalat Idul Adha mereka siap biarpun ngantuk tapi siap. Sejak kecil memang mereka diajarin mandiri," ucap Eko Patrio.

"Iyalah sepi banget. Beruntung ditemeni anak. Bangun pagi temani anak anak. Kemarin yg kecil keluar manjanya nih minta disuapin," pungkasnya.

Reporter:   Mathias Purwanto.