Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Eksepsi Ditolak, Pihak Jerinx SID Bersyukur Sidang Offline Bakal Digelar

Kamis, 06 Januari 2022 18:20 WIB
Eksepsi Ditolak, Pihak Jerinx SID Bersyukur Sidang Offline Bakal Digelar
Sidang Jerinx SID digelar offline ©KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Mejelis Hakim menolak nota keberatan atau eksepsi yang disampaikan I Gede Ari Astina alias Jerinx SID terkait kasus dugaan pengancaman melalui media elektronik yang dilaporkan Adam Deni.

Dalam sidang tersebut dijelaskan bahwa dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) sudah sesuai ketentuan dalam Pasal 143 KUHAP. Majelis hakim pun memutuskan sidang perkara ini tetap dilanjutkan dengan pemeriksaan saksi.

"Menyatakan keberatan atau eksepsi penasihat hukum terdakwa tidak dapat diterima. Kami sampaikan bahwa persidangan ini diputuskan untuk dilanjutkan," ujar Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (5/1).

1. Lanjut Pemeriksaan Saksi

Gambar

Lebih lanjut, Majelis Hakim pun meminta JPU untuk menghadirkan saksi pada sidang selanjutnya tanggal 12 Januari mendatang. JPU pun berencana menghadirkan beberapa saksi salah satunya adalah saksi korban yakni Adam Deni. Namun, belum dipastikan kapan Adam Deni akan hadir dalam persidangan.

"Kami minta Jaksa Penuntut Umum untuk menghadirkan saksi pada persidangan berikutnya,' kata Majelis Hakim.

2. Sidang Digelar Offline

Gambar

Meski eksepsi terdakwa ditolak, Majelis Hakim mengabulkan permohonan terdakwa agar sidang selanjutnya digelar secara offline. Hakim memberikan kesempatan kepada Jerinx agar bisa mendegar secara jelas. 

"Permintaan sidang secara offline bisa dilakaukan secara offline untuk memberikan kesempatan terdakwa mendengar secara jelas tanpa ada gangguan secara virtual," ucap Majelis Hakim.

3. Tak Masalah

Gambar

Ditemui usai sidang, Kuasa Hukum Jerinx yakni Sugeng Teguh Santoso pun tak masalah karena eksepsinya ditolak. Karena hal yang terpenting permohonan sidang secara offline dikabulkan.

"Oh nggak masalah itu kan proses biasa ya di dalam suatu proses hukum kami tadi masalah yang soal keberatan eksepsi. Tapi kan dikabulkan (sidang) offline. Nah ini penting offline, hakim mempertimbangkan dengan bijaksana untuk mencari kebenaran materil offline," pungkas Sugeng Teguh Santoso.

4. Kantongi Bukti

Gambar

Di sisi lain, pihak Adam Deni yang diwakili pengacara, Machi Achmad juga sudah mengantongi beberapa bukti percakapan antara dirinya dengan pihak Jerinx. Salah satunya adalah chat berisi permohonan Jerinx agar Adam Deni mencabut laporannya.

Tak hanya itu saja, Deni bahkan juga mengungkapkan bahwa Jerinx tampak mengemis-ngemis meminta belas kasih dari Adam Deni. 

"Tentunya ada bukti ya. Ada bukti-bukti percakapan siapa yang aktif menghubungi beberapa kali dan terkesan merengek-rengek ketemu klien saya untuk difasilitasi, tapi saat sudah difasilitasi dia melempar isu-isu. Padahal kita punya bukti2 lengkap siapa yang meminta, siapa yang menawarkan uang perdamaian," ujar Machi Achmad. 

5. Puas

Gambar

Adam Deni juga mengungkapkan, dengan ditahannya Jerinx SID ini, ia pun merasa sangat puas karena keadilan bisa ditegakkan. Dan sampai saat ini, Adam sendiri tak ingin mencabut laporan.

"Pendapat saya sih kalau misalnya kasus ini sudah sampai di ranah P21 kemarin apalagi yang saya kasuskan yang sekarang statusnya sebagai tersangka sudah ditahan kalau saya sih merasa puas," kata Adm Deni.