Enggan Bikin Repot, Ibunda Vino G Bastian Sudah Siapkan Kain Kafan Sendiri

Guntur Merdekawan   | Rabu, 08 Januari 2020 12:15 WIB
Enggan Bikin Repot, Ibunda Vino G Bastian Sudah Siapkan Kain Kafan Sendiri

Kapanlagi.com - Ibunda Vino G Bastian meninggal dunia di usia 70 tahun, tepatnya pada Hari Selasa (7/1) kemarin. Beliau disebut meninggal karena punya riwayat penyakit yang cukup panjang. Jenazah lantas dikebumikan di TPU Malaka 2, Tanah Merah, Jakarta Timur.

Kini Vino berstatus yatim piatu. Kedua orangtuanya telah tiada. Dan jenazah sang ibunda lantas ditempatkan tepat di sebelah makam dari suaminya.

"Iya sebenernya itu satu hal yang simpel sih, karena di sini pemakamannya udah full, yang di belakang itu terkena banjir, jadinya lahan yang tadinya kosong akhirnya nggak bisa dipake. Terus ditanya kalau di liang ayah saya bisa nggak, ternyata bisa karena udah sepuluh tahun. Ya sudah lebih simpel, mudah, tak menyalahi aturan syariat juga. Insya Allah semua kita serahin," ungkap Vino saat dijumpai di TPU Malaka 2, Tanah Merah, Jakarta Timur, Selasa (7/1).

1 dari 2 halaman

1. Sudah Siapkan Kain Kafan Sendiri

Sudah Siapkan Kain Kafan Sendiri Vino Bastian © KapanLagi/Budy Santoso
Sang ibunda yang bernama HJ Herna Debby disebut sebagai sosok yang sangat mandiri. Bahkan tanpa diketahui anak-anaknya, beliau sudah menyiapkan kain kafan sendiri untuk dipakai jika waktunya tiba.

"Dia nggak mau bebanin anak-anaknya. Bahkan kain kafan tuh dia udah nyimpen sendiri supaya nggak bebanin anak-anaknya. Jadi emang luar biasa bange. Ya saya tahunya ketika semua sudah beres. Ternyata si ibu pernah nyimpen kain kafan. Belinya kapan kita nggak tau, jadi sampai segitunya," sambungnya.

2 dari 2 halaman

2. Berjuang Seorang Diri Selama 10 Tahun

Berjuang Seorang Diri Selama 10 Tahun Vino Bastian © KapanLagi/Budy Santoso
Sebelumnya, Vino dan keluarga sudah ditinggal lebih dulu oleh ayahnya, tepatnya sekitar 10 tahun silam. Dan selama itu, sang ibunda disebut berjuang seorang diri untuk menghidupi anak-anaknya sambil melawan penyakitnya.

"Kenangan dengan ibu setelah ditinggal bapak seorang diri selama 10 tahun dan melawan sakitnya tuh luar biasa banget. Sungguh jadi inspirasi yang biasa banget," tuntas Vino.

(kpl/aal/gtr)


Reporter:  

Sahal Fadhli

↑