Enggan Dibawa ke RS, Robby Tumewu Meninggal dalam Keadaan Tidur

Guntur Merdekawan | Senin, 14 Januari 2019 20:15 WIB
Enggan Dibawa ke RS, Robby Tumewu Meninggal dalam Keadaan Tidur

Kapanlagi.com - Kabar duka kembali hadir menyambut dunia hiburan di awal 2019 ini. Hari Senin (14/1) dini hari, aktor kawakan, Robby Tumewu meninggal dunia di kediamannya, di kawasan Tangerang karena infeksi paru-paru. Kabar itu dibenarkan oleh dua sahabat dekatnya, Debby Sahertian dan juga Harry de Fretes.

Carmanita, seorang desainer yang juga sahabat sang almarhum menceritakan detail dari kondisi dari Robby sebelum meninggal. Seperti diketahui, aktor yang meninggal di usia 65 tahun itu sempat menderita stroke sejak tahun 2010 silam.

"Saya langsung dapat berita kurang lebih jam 12an dan dia sudah kehilangan napas. Tepatnya saya dapat kabar dari Mbak Sri yang selama 8 tahun mengurus Mas Robby dan paling tahu keadaan Mas Robby dari mulai kena stroke pertama kali sampai dioperasi kepalanya. Ini berita bukan dari saya sendiri, tapi karena satu dan lain hal, saya mewakili untuk memberitahu," ujar Carmanita saat ditemui di kompleks Oasis Lestari, Bitung, Jatiuwung, Tangerang, Senin (14/1).

1 dari 2 halaman

1. Meninggal Dalam Keadaan Tidur

Meski kondisinya semakin memburuk, almarhum Robby enggan dibawa ke Rumah Sakit. Dari penuturan sosok yang menjaga sang almarhum selama bertahun-tahun lamanya, pemain film GIE itu meninggal dalam keadaan sedang tertidur.

"Di rumah, jadi Mas Robby itu sudah nggak mau dibawa ke rumah sakit. Kita lihat kondisi fisiknya setahun belakangan yang makin parah dan nggak ada respon lagi dan itu Mbak Sri yang 24 jam urus Mas Robby udah tau banget kondisi Mas Robby, kapan mesti disonde paru-parunya, slam dikeluarkan, dan itu yang terjadi tadi malam," terang Carmanita.

"Karena biasa jam 11an itu Mbak Sri udah taruh sonde untuk ambil slam Mas Robby. Tapi dia nggak berpikir bahwa setengah jam kemudian dilihat napasnya Robby makin turun, turun dan hilang. Jadi sebetulnya dia dalam keadaan tidur, karena setiap sonde dia bisa tidur dengan tenang," sambungnya.

2 dari 2 halaman

2. Terapi Tak Berpengaruh

Terapi Tak Berpengaruh Carmanita, desainer dan sahabat Robby Tumewu / Credit: KapanLagi - Akbar Prabowo
Penanganan serius terkait penyakit stroke sempat dijalani oleh almarhum Robby, seperti salah satunya terapi berkala. Namun karena satu hal dan lainnya, tidak ada perkembangan signifikan yang ditunjukkan oleh komedian tersebut.

"Kan Mas Robby kena stroke kurang lebih dari 8 tahun lalu, dan itu mungkin karena keadaan dia dibawa ke RS yang kurang mumpuni sehingga salah menangani dan terlambat. Stroke itu yang harus kita antisipasi keterlambatan sehingga ketika dibawa ke RSPI dalam keadaan sudah terlambat. Dioperasi tuh sudah tidak terlalu menolong motoriknya untuk mendekati kesempurnaan. Mungkin di awal iya, tapi kalau kita nggak mau jalani terapi dengan gigih, nggak mau jalani macem-macem, mungkin orang juga capek terapi-terapi kalau nggak ada kemajuan jadi mungkin Robby sampai berpikir, 'Ah males ah terapi'," pungkas Carmanita.

(kpl/apt/gtr)


↑