Es Pisang Hijau Ala Ririn Ekawati Bikin Menelan Ludah

Darmadi Sasongko | 11 Juli 2013, 10:26 WIB
Es Pisang Hijau Ala Ririn Ekawati Bikin Menelan Ludah
Kapanlagi.com - Setiap Ramadan Ririn Ekawati punya resep andalan untuk berbuka puasa, yakni es pisang hijau. Sajian menyegarkan itu akan menghiasi meja makannya, sampai berulang-ulang selama Ramadan.

"Cara buatnya, tepung terigu setengah kilogram. Pisang raja yang mateng 10 buah, dikukus. Air daun pandan dimasak dengan mentega 2 sendok makan, dicampur santan," ungkap Ririn Ekawati, Rabu (10/7).

"Lalu bikin adonan santan panas-panas dituang sedikit demi sedikit, sambil diaduk sampai halus, lalu digiling," lanjutnya.

Ririn mengaku sangat menyukai es pisang hijau bikinannya. Rasanya yang manis dan menyegarkan, cocok digunakan sebagai menu berbuka. Karena seperti dianjurkan, saat berbuka diawali dengan makanan yang manis-manis.

"Lalu pisang dibungkus dengan adonan hijau tadi, terus dikukus. Setelah itu dibungkus pisang dengan adonan. Setelah itu dikukus lagi kurang lebih 20 menit," lanjut Ririn Ekawati menguraikan resepnya.

Cara penyajiannya juga harus dibuat menarik. Itu salah satunya yang membuat orang menelan ludah saat baru melihatnya.

 

Puasa, Ginanjar Hindari Makan Jengkol
5 Makanan Yang Jadi Primadona di Bulan Puasa
Mie Golosor, Menu Andalan Septy Sanustika Untuk Suami
 

"Flanya santan kental, dimasak sambil diaduk lalu masukan tepung terigu yang sudah dicairin, kasih gula, dan garam sedikit. Pisangnya disajikan dengan fla, berikan es batu secukupnya, susu kental secukupnya, sirup pandan secukupnya," pungkas Ririn yang menyarankan mencoba resepnya tersebut. (kpl/pur/dar)

Reporter:  

Mathias Purwanto.