Fakta Menarik Dena Rachman, Tak Mau Ubah Wajah - Pegang Gelar Magister Desain

Wulan Noviarina Anggraini | Kamis, 04 Juli 2019 17:38 WIB
Fakta Menarik Dena Rachman, Tak Mau Ubah Wajah - Pegang Gelar Magister Desain

Kapanlagi.com - Dena Rachman menjadi salah satu bukti bahwa prestasi tidak mengenal jenis kelamin. Tidak hanya berprestasi di bidang seni, Dena juga menorehkan jejak manis di bidang pendidikan.

Mantan penyanyi cilik bernama lengkap Reynaldi Denada Rachman ini pun tak pernah malu mengungkap identitasnya sebagai transgender. Dengan lantang ia mengakui bahwa dirinya lebih nyaman dengan penampilannya sekarang.

Beberapa fakta menarik tentang Dena kami kumpulkan di sini. Mulai dari soal pendidikan hingga keputusannya mengubah kelamin menjadi perempuan...

 

1 dari 5 halaman

1. Ingin Operasi Kelamin

Ingin Operasi Kelamin © instagram.com/denarachman
Dena Rachman mengaku sangat ingin melakukan operasi kelamin. Namun ia masih menabung untuk melakukan operasi yang biayanya sangat mahal itu.

Sebelum ganti kelamin, Dena terlebih dahulu melakukan operasi payudara. Namun ia tak mau melakukan operasi pada wajahnya. Dena memilih untuk melakukan olahraga untuk menjaga penampilannya agar tetap langsing.

Jika tabungannya sudah terkumpul nanti, Dena berharap bisa melakukan operasi perubahan kelamin. Pilihannya ini sudah mendapatkan dukungan dari kedua orangtuanya, yang sejak Dena berusia 21 tahun sudah mengetahui orientasi seksual anak mereka.

2 dari 5 halaman

2. Raih Gelar Magister di Bidang Desain

Raih Gelar Magister di Bidang Desain © instagram.com/denarachman
Dena Rachman tak main-main soal pendidikannya. Selepas menyelesaikan sekolah di SMAN 6 Jakarta, Dena melanjutkan kuliah ke Universitas Indonesia.

Di kampus ternama Indonesia ini, Dena mengambil kuliah di FISIP dan menyelesaikan kuliah S1-nya di sana. Setelah itu Dena melanjutkan kuliah S2 di Bologna, Italia.

Tak linier dengan S1-nya, Dena mengambil magister di bidang desain. Ilmu ini yang kemudian dikembangkan Dena menjadi bisnis dan ia memilih mendesain sepati di bawah brand The Drama Shoes.

Dena tak pernah berhenti mencari ilmu. Selain menggondol gelar S2 di bidang desain, Dena juga belajar ilmu hukum internasional yang membahas tentang gender di Leiden University, Den Haag, Belanda.

3 dari 5 halaman

3. Aktif di Berbagai Gerakan Sosial

Aktif di Berbagai Gerakan Sosial © instagram.com/denarachman
Selain sibuk mengibarkan bendera bisnis sepatu, Dena juga aktif di berbagai gerakan sosial. Ia adalah salah satu aktivis yang rajin menyuarakan pentingnya menjaga kesehatan dan menjauhi AIDS.

Bidang ini yang kemudian membawa Dena ke berbagai event penting yang membahas tentang AIDS di seluruh dunia. Ia pun kerap diundang menjadi pembicara di berbagai forum terbuka.

Dena juga sibuk dengan beberapa kegiatan sosial lainnya. Tak jarang ia turun ke jalan, menyuarakan pendapatnya secara langsung bersama rekan-rekannya yang lain.

4 dari 5 halaman

4. Bangga Menjadi Transgender

Bangga Menjadi Transgender © instagram.com/denarachman
Dena bangga menjadi dirinya sendiri, dan pilihannya didukung oleh keluarga. Baru-baru ini, Dena mengikuti parade di New York bersama teman-temannya sesama LGBT, dan dengan bangga Dena membawa bendera Indonesia.

Meski mendulang reaksi negatif dari netizen, namun Dena tak surut menyuarakan eksistensinya. Dena bangga dengan dirinya, apa adanya tanpa membalas semua kalimat buruk yang ditujukan kepadanya.

5 dari 5 halaman

5. Pamer Karya di New York Fashion Week

Pamer Karya di New York Fashion Week © instagram.com/denarachman
Dena tidak hanya berprestasi di dunia pendidikan yang ia cintai. Ia juga menunjukkan bakat luar biasa di bidang desain, dan karyanya sudah dilihat dunia.

Beberapa waktu lalu Dena memamerkan sepatu karyanya di ajang New York Fashion Week. Membawa bendera The Drama Shoes, karya Dena mendapatkan applause dari para pengamat fashion dunia.

 

(kpl/phi)


↑