Faktor Kesehatan Jadi Penyebab Pelawak Qomar Dibebaskan Polisi

Louvina Gita   | Rabu, 26 Juni 2019 13:55 WIB
Faktor Kesehatan Jadi Penyebab Pelawak Qomar Dibebaskan Polisi
Pelawak Qomar (credit: Kapanlagicom/Akbar Prabowo Triyuwono)

Kapanlagi.com - Sejak kemarin (25/6) masyarakat dihebohkan dengan kabar pemalsuan ijazah S1 dan S2 yang diduga dilakukan oleh pelawak Qomar. Ia bahkan sudah sempat ditahan pihak kepolisian.

Namun menurut kuasa hukumnya, Furqon Nurzaman, kemarin petang sang pelawak sudah dibebaskan. "Kemarin jam 17.30 (dibebaskan)," tuturnya saat dihubungi melalui Whatsapp, Rabu (26/6).

1. Faktor Kesehatan

Pembebasan Qomar ini tak lain karena masalah riwayat kesehatannya. Disebutkan oleh Furqon, bahwa kliennya itu memiliki riwayat sakit asma.

"Alasan kesehatan, ada riwayat asma, kami ajukan permohonan untuk tidak ditahan," terangnya.

Walaupun sudah kembali ke rumah, Furqon tak menyebut pasti sampai kapan waktu pembebasan yang diterima Qomar. "Kewenangannya berjenjang, ada jaksa, ada pengadilan. Sekarang barusan limpah di kejaksaan," imbuhnya.

2. Awal Mula

Mulanya, Qomar dilaporkan atas dugaan pemalsuan data yaitu ijazah S1 dan S2 oleh pihak Universitas Muhadi Setiabudhi (Umus). Mereka curiga terhadap dokumen yang diserahkan Qomar sebagai syarat pencalonan diri sebagai rektor di universitas tersebut.

Sampai saat ini, pihak kepolisian masih belum memberikan keterangan detail mengenai kasus ini. Penyelidikan lebih lanjut masih terus dilakukan sebelum akhirnya menjatuhkan vonis pada Qomar.

3. Keluarga Syok

Kasus yang menimpa Qomar ini pun sempat membuat keluarganya syok. Dodi, manajer pelawak yang kini juga aktif menjadi seorang pendakwah itu menuturkan hal tersebut.

"Ya jelas syok. Namanya juga kaget gitu kan, tiba-tiba heboh. Kita nggak ngerti itu kenapa," ujar Dodi ketika dihubungi lewat sambungan telepon, Rabu (26/6).

Reporter:   Adi Abbas Nugroho

Topik Terkait