Fashion Show Ala 'Ca Bau Kan', Anne Avantie Gandeng Artis-Artis Senior

Guntur Merdekawan | 12 Februari 2018, 19:45 WIB
Fashion Show Ala 'Ca Bau Kan', Anne Avantie Gandeng Artis-Artis Senior

Kapanlagi.com - Tanggal 16 Februari mendatang bertepatan dengan Tahun Baru Imlek, yang merupakan sebuah tradisi turun temurun dalam kalender Cina. Nah meski masih beberapa hari lagi, namun perayaan Tahun Baru Imlek sudah mulai digelar di Mal Taman Anggrek. Bahkan, desainer kondang Tanah Air, Anne Avantie juga ikutan terlibat langsung dalam event Pasar Tiban yang mengusung tema Kampoeng Imlek ini.

Pada event ini, Anne menggabungkan dua budaya, yakni Tionghoa dan Indonesia. Pada salah satu rangkaian acaranya, ada ajang Fashion Show, yang fashionnya bertema Ca Bau Kan, seorang Tionghoa peranakan Hindia Belanda dan Jawa.

"Sebetulnya Anne Avantie ini kan identik dengan kehidupan manusia yang pluralisme di Indonesia. Menyatukan masing-masing pribadi yang tidak pernah habis untuk bersinergi satu dengan yang lainnya, tanpa memandang suku ras dan agama. Saya menganggap bahwa itu hanya bisa dilakukan ketika jembatannya adalah seni, budaya. Saya merasa Ca Bau Kan adalah sebuah film, ada saudagar kaya kemudian jatuh cinta dengan orang Indonesia dan akhirnya ini menjadi gambaran bahwa cinta itu tak mengenal musim, budaya, kasta. Tapi cinta itu memang sebuah hati yang dipadukan karena perasaan dan saya merasa demikian dengan hari ini namanya Pecinan Jaman Now. Ini paling berbeda karena konsepnya adalah pecinan, biasanya konsepnya adalah tema umum, kalau ini tidak umum. Makanya diselenggarakan di Pasar Tiban," ujar Anne dalam sebuah wawancara belum lama ini.

Tema Ca Bau Kan di fashion show Anne / Credit: Dokumentasi PribadiTema Ca Bau Kan di fashion show Anne / Credit: Dokumentasi Pribadi

"Maka ini Pasar Tiban dilakukan setiap bulan, bukan setiap tahun, berganti-ganti tempat. Ini sudah yang ke-16, butuh sosok yang mencintai Indonesia dengan gila, nggak waras. Kalau waras saya nggak bisa melakukan ini setiap bulan. Orang mungkin melakukan setahun sekali, dua kali, ini saya lakukan setiap bulan. Dengan kontainer, dengan truk. Pindah ke Medan, Makassar, Surabaya, Bandung, Jakarta. Mau cari apa? susahnya dan dapetnya bagaimana? Namanya orang mencintai itu nggak pernah ada harganya, demikian pula dengan apa yang saya lakukan sekarang, apa yang saya lakukan setiap bulan itu sama, bagaimana memadukan budaya dengan rasa cinta dan akhirnya bisa diserap masyarakat, tanpa meninggalkan akar budayanya. Jadi budaya China yang masuk ke Indonesia digabungkan dengan tradisi, dengan batik, tata rias, dengan ada tokoh film Ca Bao Kan, ada Pecinan Jaman Now itu mewujudkan kecintaan karya anak negeri yang tak habis dimakan masa. Kita bisa merasa bahwa Indonesia tampaknya mundur, tapi orang kreatif itu nggak pernah mundur, tapi maju terus ke depan. Itu karena budaya Indonesia memberikan gambaran tak pernah habis, inspirasi yang tak pernah selesai, di setiap jengkal isinya cuma ide," jelas Anne lebih jauh.

Model dari fashion show itu sendiri adalah nama-nama yang mungkin kalian semua sudah kenal. Ya, beberapa artis senior hingga publik figur Tanah Air terlibat di sana, seperti Debby Sahertian, Indy Barends, Oline Mendeng, Harry DeFretes, Inggrid Wijanarko, Runner Up Puteri Indonesia 2016 Felice Hwang dan Puteri Indonesia 2011, Maria Selena.

Ferry dan Indie Barends di ajang fashion show Kampoeng Imlek / Credit: Dokumentasi PribadiFerry dan Indie Barends di ajang fashion show Kampoeng Imlek / Credit: Dokumentasi Pribadi

"Ini memang menampilkan tempo dulu, Debby Sahertian, Inggrid Wijanarko, Harry de Fretes, ada Olin Mendeng juga yang berbau agak komedi yang memberikan pencerahan. Dan yang ingin saya kemukakan adalah hari ini ada karena hari kemarin, jangan pernah melupakan orang yang lama. Beri kesempatan pada mereka untuk muncul kembali kini. Jadi mengingatkan kembali bahwa mereka masih ada dan masih eksis. Mereka hari ini masih menjadi bagian industri ini," pungkasnya.

Reporter: Stella Maris Mandala Putri

(kpl/gtr)

Editor:   Guntur Merdekawan