Fenomena Ganti Nama Seleb Indonesia, Ada Yang Hoki Ada Yang Balik Kucing

Wulan Noviarina Anggraini | 23 Maret 2018, 17:38 WIB
Fenomena Ganti Nama Seleb Indonesia, Ada Yang Hoki Ada Yang Balik Kucing

Kapanlagi.com - Fenomena selebritis mengubah nama asli dengan nama panggung bukanlah hal yang mengejutkan. Hal ini sudah berlangsung sejak zaman dahulu kala, tak hanya di Indonesia tapi juga di industri hiburan berbagai belahan dunia lainnya.

Namun di Indonesia sendiri ada beberapa kisah menarik dari perubahan nama selebritis di sini. Seperti yang dialami oleh beberapa seleb ternama berikut ini, yang mengubah namanya beberapa kali, dengan alasan-alasan yang juga menarik untuk disimak.

Maia Estianty

Maia pakai nama Estianty setelah cerai dari Dhani ©KapanLagi.com/Agus ApriyantoMaia pakai nama Estianty setelah cerai dari Dhani ©KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Lahir dengan nama Maya Estianty, pentolan grup Duo Ratu ini sempat tenar dengan nama Maia Ahmad di awal karirnya. Nama Ahmad yang ada di belakang ini milik dari Ahmad Dhani, mantan suami Maia.

Setelah prahara rumah tangga Dhani dan Maia berujung pada perceraian, Maia pun menanggalkan nama Ahmad dari dirinya. Ia kembali menggunakan nama belakang yang diberikan oleh orangtuanya, Estianty, namun tak mengubah penulisan Maia.

Saipul Jamil

Saipul sempat dua kali ganti nama ©KapanLagi.com/Agus ApriyantoSaipul sempat dua kali ganti nama ©KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Penyanyi dangdut dan presenter yang satu ini beberapa kali mengubah namanya. Uniknya, Saipul hanya mengubah cara penulisan nama belakangnya saja. Seperti yang ia lakukan beberapa waktu lalu, ketika ia meminta kepada awak media untuk menulis namanya dengan 'Jamiil', harus dengan dua huruf 'I' di tengah.

"Bagi saya, nama sangat berpengaruh bagi setiap orang dalam segala hal. Terus terang saya telah mendapatkan sebuah petunjuk untuk mengubah nama saya dari Saipul Jamil menjadi Saipul Jamiil dengan penambahan satu huruf 'i' setelah saya mendapatkan lagu ciptaan Wawan "Apolo Band" ini. Saya seperti diarahkan ke sana. Ini merupakan sebuah pemikiran, apalagi saya selalu melakukan introspeksi diri agar selalu mendapatkan yang terbaik dan rezeki bertambah lancar," ungkap Saipul kala itu.

Setelah beberapa waktu, Saipul kembali mengubah nama belakangnya menjadi Jamiell. Ia pun meminta kepada awak media menyebut namanya dengan huruf 'E' di tengah, dan dobel 'L' di belakang.

Namun setelah beberapa lama, Saipul kembali meminta agar namanya ditulis dengan nama Jamil saja. Tanpa huruf 'E' dan dobel 'L'. Baiklah, Saipul Jamil...

Rhoma Irama

R dan H dari Rhoma Irama sebenarnya adalah gelar ©KapanLagi.com/Agus ApriyantoR dan H dari Rhoma Irama sebenarnya adalah gelar ©KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Nama Raja Dangdut Indonesia ini aslinya adalah Raden Oma Irama. Lalu ia memilih nama panggung Oma Irama saja, yang kemudian terkenal sampai beberapa tahun lamanya.

Setelah ia pulang dari ibadah Haji, Oma menambahkan gelar H di depan namanya, menjadi RH. Oma Irama. Namun ternyata sebagian orang lebih suka menyebutnya dengan cara digabung, menjadi Rhoma Irama. Nama inilah yang kemudian membuat sosok Rhoma menjadi lebih tenar dan terus digunakan sampai sekarang.

Dita

Dita merasa sudah tak cocok pakai nama Mey Chan ©KapanLagi.com/Agus ApriyantoDita merasa sudah tak cocok pakai nama Mey Chan ©KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Lahir dengan nama Dita Anggraeni, penyanyi asal Malang ini masuk ke dunia musik Indonesia dengan nama Mey Chan. Nama itu digunakan oleh Dita selama ia bergabung dengan Duo Maia, dan masih dipakai sampai beberapa bulan lalu.

Setelah bertahun-tahun dikenal dengan nama Mey Chan yang sudah melambungkan karirnya di dunia hiburan, Dita memilih kembali ke nama aslinya. Ia pun mulai proyek rebranding namanya sendiri dan merilis lagu baru dengan nama Dita.

"Apa ya. Udah tua kalau pakai Mey Chan. Jadi pengin balik dengan nama sesuai akta kelahiran. Sesuai nama pemberian orangtua," ungkapnya belum lama ini.

Apakah Dita akan bergaung luas seperti Mey Chan? Tunggu saja nanti...

Mulan Jameela

Dulu dikenal dengan nama Mulan Kwok, Mulan lebih tenar dengan nama belakang Jameela ©KapanLagi.comDulu dikenal dengan nama Mulan Kwok, Mulan lebih tenar dengan nama belakang Jameela ©KapanLagi.com

Bernama asli Raden Terry Tantri Wulansari, penyanyi asal Bandung ini memilih nama panggung Mulan Kwok ketika pertama kali masuk ke dunia musik Tanah Air. Ia menggunakan nama Mulan Kwok selama beberapa tahun lamanya, tepatnya ketika masih bergabung dengan Duo Ratu.

Ketika Duo Ratu bubar, nama Kwok kemudian ditanggalkan oleh Mulan. Atas saran dan pilihan dari sang suami, Ahmad Dhani, Mulan menggunakan Jameela sebagai nama belakangnya.

Nama Mulan Jameela nampaknya cocok dengan ibu empat orang anak ini. Tak jauh beda dengan Mulan Kwok, nama Mulan Jameela pun mudah diingat oleh fans dan membuatnya tetap dikenal publik sampai sekarang.

Abimana Aryasatya

Abimana Aryasatya dulunya bernama Robertino ©KapanLagi.com/Agus ApriyantoAbimana Aryasatya dulunya bernama Robertino ©KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Dilahirkan dengan nama Robertino, model dan aktor ini menggunakan nama aslinya sebagai nama panggung di awal karirnya. Dan ia pun terkenal dengan nama Robertino, sebelum akhirnya menghilang selama beberapa waktu lamanya.

Setelah kembali dari hiatusnya, Robertino mengubah namanya menjadi Abimana Aryasatya. Bukan sekedar nama panggung, Robertino alias Abimana mengubah namanya secara resmi lewat putusan Pengadilan Negeri.

“Penggantian nama saya dari Robertino menjadi Abimana lebih karena alasan pribadi. Sejak kecil saya merasa bahwa nama Robertino itu bukan untuk saya. Latar belakangnya karena saya bukan dari keluarga yang utuh. Robertino itu nama bapak saya, tapi saya nggak pernah ketemu bapak saya, dan saya nggak nyaman memakai nama itu. Makanya, saya selalu bilang ke orang-orang di sekitar saya, termasuk kepada beberapa orang di dunia hiburan, bahwa saya ingin ganti nama, tapi mereka melarang. Keinginan saya baru diiyakan, dan dari saya pribadi juga akhirnya berani untuk memakai nama baru saya, setelah Putratama Tuta, sutradara ‘Catatan Si Boy' nggak mempermasalahkan hal itu,” ujar Abimana kala mengumumkan perubahan namanya.

Angel Lelga

Angel Lelga sempat pakai nama Angelic tapi kurang hoki ©KapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaAngel Lelga sempat pakai nama Angelic tapi kurang hoki ©KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Dilahirkan dengan nama Lely Anggraini, model dan penyanyi dangdut ini kemudian menggunakan nama Angel Lelga sebagai nama panggungnya. Nama Angel Lelga begitu kuat melekat pada diri Lely, sampai kemudian ia ingin mengubah imej dengan mengubah nama jadi Angelic.

Sayangnya, nama dan imej baru yang diusung Angel lewat Angelic tidak sukses di pasaran. Proyeknya bersama Pongki Barata pun gagal total. Musik pop ternyata tak cocok dengan dirinya, sehingga akhirnya Angel pun kembali ke dangdut dan mengubah namanya jadi Angel Lelga lagi.

"Sebenarnya Angelic itu nama panggilan saya di rumah. Dan kemarin saya garap album baru jadi pengin mencoba Sesuatu yang baru. Dan karena orang banyak tahunya Angel Elga jadi saya pengin lebih akrab saja dengan nama itu," ujarnya.

Sophia Latjuba

Sophia sempat ganti nama belakang ©KapanLagi.com/Agus ApriyantoSophia sempat ganti nama belakang ©KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Bertahun-tahun lamanya Sophia dikenal dengan nama Latjuba di belakangnya. Latjuba adalah nama keluarga ayahnya, yang dipakai oleh Sophia sejak awal berkarir di dunia hiburan Indonesia.

Namun setelah puluhan tahun menggunakan nama Latjuba, Sophia mendadak mengubah namanya menjadi Sophia Mueller. Nama belakang ini adalah milik keluarga ibunya yang asli dari Jerman.

Tak lama setelah menggunakan nama Mueller, Sophia kembali meminta kepada awak media memanggilnya dengan nama Latjuba. Kali ini, ia menjelaskan alasannya mengapa kembali ke nama awalnya.

"Alasannya, nomor satu banyak terjadi perubahan di hidup saya, jadi tiba-tiba saja mimpi mengatakan harus ganti nama. Selama ini nama saya untuk menghormati keluarga ibu saya. Kini, setengah dari hidup saya pakai nama dari keluarga Bapak saya," ungkapnya.

(kpl/phi)