Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Fico Fachriza Ungkap Alasan Konsumsi Narkoba Tembakau Sintetis, Karena Sulit Tidur

Jum'at, 14 Januari 2022 23:05 WIB
Fico Fachriza Ungkap Alasan Konsumsi Narkoba Tembakau Sintetis, Karena Sulit Tidur
Fico Fachriza di Polda Metro Jaya © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Komika yang juga pemain film, Fico Fachriza telah resmi dijadikan tersangka atas kasus dugaan penyalahgunaan narkoba jenis tembakau sintetis. Sebelumnya, pemain film Comic 8 ini ditangkap Ditresnarkoba Polda Metro Jaya di kediamannya di daerah Pancoran Mas Depok pada Kamis (13/2/2022).

Dari penangkapan itu, polisi menemukan barang bukti narkotika jenis tembakau sintetis dalam kotak rokok yang disembunyikan oleh Fico Fachriza. "Ketika dilakukan penggeledahan, tim menemukan satu bungkus rokok dan ditemukan didalamnya ada tembakau sintetis 1,45 gram," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan di Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, Jumat (14/1/2022).

1. Beli Lewat Sosmed

Gambar

Kepada polisi, adik dari komika Ananta Rispo ini mengaku mengkonsumsi narkoba tersebut karena mengalami susah tidur. "Pelaku beli tembakau sintetis ini melalui media sosial. Kemudian mengkonsumsi sendiri dengan alasan yang bersangkutan sulit untuk tidur. Jadi untuk membantunya agar mudah tidur," katanya.

"Dari keterangan yang bersangkutan bahwa saudara FF (Fico Fachriza) ini sudah lama mengonsumsi narkotika jenis tembakau sintetis ini sejak tahun 2016," tambah Zulpan.

2. Tersangka

Gambar

Atas perbuatannya tersebut, Fico Fachriza telah resmi ditetapkan sebagai tersangka. Dalam sangkaan awal, penyidik menetapkan Fico telah melanggar pasal 112 ayat undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

"Penyidik sudah menetapkan yang bersangkutan sebagai tersangka dengan berbagai pertimbangkan karena ada barang bukti dan tes urine. Yang bersangkutan melanggar UU No 35 tentang narkotika, pasal yang disangkakan yaitu pasal 112 ayat 1," kata Zulpan.

3. Hukuman

Gambar

Karena kasus ini, Fico terancam hukuman penjara selama 4 tahun. Namun semuanya akan tergantung hasil sidang nanti.

"Adapun ancaman hukumannya yaitu penjara paling singkat empat tahun dan paling lama 12 tahun," tutup Endra Zulpan.

4. Nangis

Gambar

Selesai awak media mendapatkan gambar, Fico tak kuasa membendung air matanya. Ternyata, Fico menangis melihat keberadaan sang kakaknya, Ananta Rizky atau lebih dikenal Rispo di salah satu sisi.

Kebetulan, Rispo juga hadir dalam perilisan sang kakak. Kemudian, momen haru langsung tertumpahkan ketika keduanya berpelukan sebelum Fico masuk untuk menjalani pemeriksaan.

"Maafin gue bang," kata Fico.

5. Sulit Tidur

Gambar

Dari hasil penangkapan tersebut, polisi mengamankan bersama barang bukti berupa tembakau sintetis seberat 1.45 gram. Menurut Zulpan, Fico mendapatkan barang tersebut dibeli melalui media sosial.

"Pelaku membeli dari media sosial kemudian mengonsumsi sendiri dengan alasan sulit untuk tidur, alasannya untuk membantunya mudah tidur," ujar Zulpan.

"Jadi penangkapan ini berawal dari laporan yang kita terima terkait dugaan penggunaan narkotika tembakau sintetis. Berdasarkan informasi dilakukan penggeledahan ditemukan satu bungkus rokok ditemukan tembakau sintetis 1,45 gram," tutupnya.

 

Topik Terkait