Fokus ke Keluarga, Alyssa Soebandono Artis Yang Sudah Lulus S2 Sejak Usia 21 Tahun

Ahmat Effendi | 26 Januari 2018, 15:15 WIB
Fokus ke Keluarga, Alyssa Soebandono Artis Yang Sudah Lulus S2 Sejak Usia 21 Tahun

Kapanlagi.com - Banyak artis Indonesia yang diam-diam memiliki prestasi membanggakan. Salah satu di antaranya adalah si cantik Alyssa Soebandono. Saat ini Alyssa yang telah memiliki dua buah hati yaitu Muhammad Dirgantara Ariendra Harlino dan Malik Mahendra Harlino memang lebih banyak sibuk dengan keluarganya. Namun di balik semua itu, istri Dude Harlino ini memiliki pendidikan yang cukup tinggi.

Di usia remaja, Alyssa sempat bersekolah di SMA Global Jaya Bintaro. Ketika lulus dari sana, usianya masih belum genap 17 tahun dan Alyssa langsung terbang ke Australia untuk kuliah di Monash University.

Sosok kelahiran 5 Desember 1991 ini memilih jurusan Bachelor of Arts untuk gelar S1nya. Sementara untuk major program yang ia ambil ada Media Communications, dan juga Film and Television Media Studies. Jurusan tersebut sangat sesuai dengan karirnya di dunia hiburan. 

Alyssa Soebandono bersama keluarganya yang harmonis. cr: instagram.com/ichasoebandonoAlyssa Soebandono bersama keluarganya yang harmonis. cr: instagram.com/ichasoebandono

Alyssa Soebandono sendiri mulai masuk kuliah S1 pada 6 Juli 2009 silam, dan ia pernah bercerita melalui blog sebagai satu-satunya mahasiswa asal Indonesia yang kala itu mendaftar. Selain itu hari-hari pertama Alyssa banyak tertulis dalam blog pribadinya. Termasuk bagaimana ia berkenalan dengan seorang mahasiswi transfer dari Malaysia bernama Siam yang menjadi teman pertamanya di negara tersebut. 

Di Melbourne, Alyssa Soebandono menjalani hari-hari layaknya mahasiswi pada umumnya. Selain itu dengan menempuh pendidikan hingga ke Australia, Alyssa ingin membuktikan bahwa sebagai artis ia tetap menomorsatukan pendidikan. Karena itu ia tidak ingin disamakan dengan orang-orang yang tidak peduli dengan sekolah. 

Selain di Australia, Alyssa sempat kuliah selama 6 bulan di Inggris. Tepatnya sejak 10 Januari 2011, artis cantik tersebut harus menjalani program 6 bulan di Sussex University, Brighton. Ia sempat mendaftar Exchange Program yang diadakan oleh Monash University dan menjadi salah satu ambassador dari universitas di Australia tersebut untuk belajar di UK.

Saat menempuh pendidikan di Monash University, dengan academic recordnya yang bagus Alyssa Soebandono terpilih dalam Exchange program ke UK. cr: instagram.com/ichasoebandonoSaat menempuh pendidikan di Monash University, dengan academic recordnya yang bagus Alyssa Soebandono terpilih dalam Exchange program ke UK. cr: instagram.com/ichasoebandono

Tidak semua orang yang mendaftar Exchange Program diterima, dan Alyssa bisa dipilih karena catatan akademisnya yang baik. Saat itu Alyssa memang memimpikan untuk bisa kuliah di Inggris. Selama di negara tersebut, ia belajar tentang International Relations dengan materi Politik menjadi pelajaran utama. Selain itu ia juga sempat mempelajari tentang sosiologi. 

Selama di Inggris, aktivitas Alyssa Soebandono tidak hanya kuliah. Ia sempat juga menceritakan aktivitasnya ketika jalan-jalan bersama sahabat. Bahkan ketika terjadi Royal Wedding pada tanggal 29 April 2011 antara Pangeran William dan Kate Middleton, Alyssa menyempatkan diri untuk hadir. 

Alyssa sendiri menyelesaikan pendidikan di Monash University pada tanggal 13 Desember 2011 silam. Pendidikan S1 ditempuhnya hanya dalam kurun waktu 2,5 tahun. Menariknya Alyssa tidak puas dengan hanya lulus S1 dan segera menempuh pendidikan lanjutan. 

3 Bulan setelah lulus S1, Alyssa Soebandono langsung kuliah S2. cr: instagram.com/ichasoebandono3 Bulan setelah lulus S1, Alyssa Soebandono langsung kuliah S2. cr: instagram.com/ichasoebandono

Beberapa bulan setelah lulus S1, Alyssa Soebandono memilih kuliah di London School of Public Relations. Ia diterima di LSPR dan mendapatkan full scholarship dari kampus tersebut. Alyssa sendiri mulai kuliah S2 pada tanggal 17 Maret 2012 silam. 

Di kampus tersebut, Alyssa menempuh pendidikan selama 1,5 tahun untuk mendapatkan gelar Magister Ilmu Komunikasi (Msi). Ia memilih jurusan Corporate Communication dan yang menarik adalah cerita ketika ia menjadi lulusan terbaik. 

Saat wisuda pada tanggal 10 Desember 2013, Alyssa sempat dipanggil sebagai salah satu kandidat The Best Students. Saat itu ia tak bisa menahan senyumnya ketika naik ke atas panggung. Namun yang membuatnya kaget ketika tiba-tiba namanya disebutkan sebagai Best of the Best student untuk Post-Graduate Programme 2013. Alyssa sempat bengong tidak menyangka serta speechless ketika namanya disebut.

Alyssa Soebandono sudah lulus S2 sejak usia 21 tahun. cr: instagram.com/ichasoebandonoAlyssa Soebandono sudah lulus S2 sejak usia 21 tahun. cr: instagram.com/ichasoebandono

Dalam kesempatan tersebut, Alyssa tak lupa mengucapkan rasa syukurnya kepada Allah SWT karena merasa usahanya untuk menempuh pendidikan tidak sia-sia. Menariknya ketika lulus S2, Alyssa Soebandono masih berusia 21 tahun. Well, prestasi yang luar biasa telah ia catatkan di usia belia. Semoga makin banyak artis yang bisa menebarkan semangat positif seperti Alyssa ya. Biarkan Karya Bicara!

(kpl/sjw)

Editor:  

Ahmat Effendi