Foto Anak Dipakai Akun Jual Bayi, Ruben Onsu Lapor Polisi

Ahmat Effendi | 24 Juni 2015, 14:43 WIB
Foto Anak Dipakai Akun Jual Bayi, Ruben Onsu Lapor Polisi
Kapanlagi.com - Perjuangan Sarwendah dan suaminya Ruben Onsu untuk mendapatkan anak tidak lah mudah. Sarwendah sempat dua kali keguguran sebelum mendapatkan putri pertamanya Thalia Putri Onsu. Namun kebahagiaan ketika mendapatkan buah hati tersebut kini terusik. Penyebabnya foto bayi Ruben digunakan secara tidak bertanggung jawab oleh akun instagram jual bayi.

"Kami melapor soal foto anak Mas Ruben yang disalahgunakan di akun instagram. Ini ada unsur penghinaan juga, karena mana mungkin ada ortu mau menjual anaknya. Itu yang bikin kami melaporkan tindakan kejahatan tersebut," ucap Minola Sebayang, pengacara Ruben Onsu di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu, Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu pagi (24/06). 

Ruben sendiri melaporkan pelaku ke Polisi dengan nomor laporan LP/2483/VI/205/PMJ/Dit Reskrimsus, atas tuduhan penggunaan foto anak di media elektronik tanpa izin. Dalam akun tersebut tertulis keterangan harga bayi yang dijual dari 1 M - 20 M.

Foto bayi Thalia putri Ruben Onsu dipasang di akun jual bayi. ©KapanLagi.com®/Adi Abbas NugrohoFoto bayi Thalia putri Ruben Onsu dipasang di akun jual bayi. ©KapanLagi.com®/Adi Abbas Nugroho

Dalam pelaporan tersebut, Ruben ditanya terkait kronologi sejak kapan ia tahu foto anaknya bisa berada di akun tersebut. Minola khawatir jika foto tersebut bisa memicu kejahatan lain seperti penculikan untuk anak Ruben jika ada orang yang berminat dengan bayi tersebut.

"Setelah ini akan ada BAP dan pihak kepolisian akan mencoba lakukan pelacakan karena ada unit namanya cyber crime yang konsen di IT dan akan melacak akun instragram itu dan siapa pun orang yang coba-coba melakukan hal itu. Kami yakin pihak polisi bisa menangkapnya," jelas Minola.

Dalam akun yang bersangkutan hanya ada foto bayi Ruben Onsu, karenanya pengacaranya percaya bahwa pelaku sengaja menjadikan presenter tersebut target operasi. Ruben pun merasa keselamatan keluarganya terancam.

"Tujuan membuat laporan dua hal yakni meminta adanya perlindungan yang dilakukan pihak kepolisian. Kami juga mungkin buat surat resmi di lingkungan rumah Mas Ruben agar Polsek terdekat lakukan pengawalan," ucapnya.

Sebagai orang tua yang baru mendapatkan seorang anak Ruben dan Sarwendah tentu sangat sedih foto putri mereka disalahgunakan. Thalia putrinya sendiri baru lahir tanggal 5 Juni 2015, dan saat ini belum genap berusia satu bulan. Semoga segera tertangkap ya pelakunya Ruben!

"Kedua kalau ada iklan bayi cantik dengan foto bayi Mas Ruben, itu tidak benar. Saya lihat ini sengaja karena di akun tersebut tidak ada foto bayi lain. Hanya foto anak mas ruben. TO-nya Mas Ruben dan anak sangat kuat sekali," tandasnya. 

(kpl/abs/sjw)

Reporter:  

Adi Abbas Nugroho