FOTO: TKI Disiksa di Malaysia, Melanie Subono Tulis Pesan Panjang

Guntur Merdekawan | 29 Desember 2016, 05:15 WIB
FOTO: TKI Disiksa di Malaysia, Melanie Subono Tulis Pesan Panjang

Kapanlagi.com - Setiap tahunnya, ada banyak sekali jumlah Tenaga Kerja Indonesia yang dikirim ke Malaysia untuk mencari nafkah di sana. Kebanyakan dari mereka bekerja sebagai seorang pembantu rumah tangga. Meskipun begitu, bayaran yang mereka dapatkan bisa dibilang cukup besar.

Nah, sayangnya ada banyak sekali pemberitaan-pemberitaan tentang TKI yang mendapat perlakuan kasar dari majikannya selama di negeri orang. Yang terbaru adalah wanita bernama Suyanti. Menanggapi hal itu, Melanie Subono tak tinggal diam. Melalui akun Instagram-nya, Ia menceritakan bagaimana kronologi kejadian miris yang dialami Suyanti tersebut.

"NAMA? Suyanti binti Sutrino. USIA? 19 tahun. TEMPAT DITEMUKAN? Samping SELOKAN Jalan PJU 3/10 Mutiara Damansara. KONDISI DITEMUKAN? Tidak Sadarkan diri," tulis Melanie di caption fotonya.

"Bete dan kesel adalah saat satu sisi kita membicarakan, merasakan dan menjalani liburan, sibuk dengan foto liburan bareng keluarga dan lain-lain, di sisi lain ada sodara kita yang ngalamin seperti ini. Dan walaupun KEMAJUAN bahwa KBRI Kuala Lumpur sempat mendampingi, tapi itu bukan prestasi. Itu memang tugas mereka. Sampai hari ini BELUM ada tindakan tegas Pemerintah mengenai kasus ini. Anyway, pendeknya.. Tanggal 21 desember 2016 pukul 12 siang, beliau ditemukan dan dibawa ke Rumah Sakit Pusat Perubatan Universi Malaysia. Di situ KBRI juga melaporkan kejadian itu ke Kepolisian Malaysia dan konon pelaku (sang majikan) lalu di tahan oleh Polisi di Raja Malaysia (PDRM). Saat dibawa, cewek asal Kisaran Sumatera Utara ini luka satu badan termasuk mata nya akibat dari penyiksaan.
Suyati sendiri baru masuk Malaysia tanggal 7 Desember via Tanjung Balai Port Klang dan dijemput oleh agen bernama Ruby.
Sehari setelah ketibaan, dia diantar ke rumah majikan yang yang adalah seorang wanita Melayu. Dan sejak hari itulah siksaan tidak berhenti dan berujung dengan ancaman memakai pisau besar tanggal 21 Desember. Anyway, setelah beberapa hari di rumah sakit, Suyanti diperbolehkan keluar pada tanggal 25 Desember dan segera masuk ke Penampungan KBRI (shelter) dan pada hari itu juga dia sudah bisa menghubungi keluarganya di Medan," sambungnya menceritakan kronologi kejadian tersebut.

Foto korban dari aksi kekerasan di Malaysia © Instagram/melaniesubonoFoto korban dari aksi kekerasan di Malaysia © Instagram/melaniesubono

Dari cerita di atas, masalah ini terlihat sudah diselesaikan secara hukum. Namun ternyata, sang pelaku kini sudah dibebaskan. Tentu saja, hal itu membuat Melanie kesal dan meminta pemerintah Indonesia untuk turun tangan menanggapi hal ini.

"SAYANGNYA, Pada 25 Desember itu juga kita mendengar kabar bahwa PELAKU SUDAH DIBEBASKAN pakai jaminan. Well, menit ini kita mengharapkan minimal pemerintah kita mengirimkan NOTA DIPLOMATIK ke Pemerintah Malaysia dan melakukan proses hukum yang adil, di samping korban BERHAK mendapat kompensasi yang layak. ADA kok hukum yang mengatur perlindungan pada hak hak buruh migran dan anggota keluarganya. mereka masih WARGA INDONESIA. Dan lebih penting lagi, mereka MANUSIA. Pemerintah, masih liburan kah kalian?" pungkas Melanie.

Tak cuma Melanie, artis cantik lain, Nikita Mirzani pun lalu ikutan mengunggah ulang postingan Melanie tersebut ke akun Instagram-nya. Ia sama-sama ingin pelaku dari kejadian ini mendapatkan hukuman yang setimpal dan sang korban dapat kompensasi atas apa yang dialaminya.

(kpl/gtr)

Editor:   Guntur Merdekawan

Topik Terkait