Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Gabungkan Mitos dengan Permainan Pemanggil Arwah, Sutradara Kimo Stamboel Garap Film Horor 'JAILANGKUNG: SANDEKALA'

Senin, 15 Agustus 2022 22:10 WIB
Gabungkan Mitos dengan Permainan Pemanggil Arwah, Sutradara Kimo Stamboel Garap Film Horor 'JAILANGKUNG: SANDEKALA'
Kimo Stamboel bersiap merilis film horor terbaru © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Sukses dengan IVANNA yang berhasil mengumpulkan 2,9 juta penonton, sutradara Kimo Stamboel bersiap merilis film horor terbaru. Kali ini bertajuk JAILANGKUNG: SANDEKALA yang dipersiapkan tayang di bioskop mulai 22 September 2022.

Meski digarap oleh rumah produksi yang menelurkan JAILANGKUNG (2017) serta JAILANGKUNG 2 (2018), Wicky V Olindo selaku produser menjelaskan bila JAILANGKUNG: SANDEKALA bukanlah sekuel. Melainkan sebuah reboot dari dua film dengan bintang Jefri Nichol dan Amanda Rawles tersebut.

"JAILANGKUNG yang pernah kami bikin itu didesain menjadi dua film yang berakhir pada film kedua. Kalau sok-sokan dipanjang-panjangin jadi trilogi materinya juga nggak ada. Tapi karena kedua film itu sangat sukses sebagai IP (intellectual property), kami merasa bisa dibikin dengan versi lain," kata Wicky dalam jumpa pers di Epicentrum XXI, kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (15/8/2022).

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. Konsep Baru yang Unik

Berdasar konsep tersebut, saat Kimo Stamboel memiliki cerita tentang tragedi dalam sebuah keluarga, Wicky V Olindo memberi saran untuk memasukkan unsur jelangkung yang dipercaya sebagai medium pemanggil arwah. Maka dimulailah penggabungan tersebut untuk memperpanjang umur dari intellectual property JAILANGKUNG.

"Ketika ngobrol sama Kimo, dia punya ide baru yang pas dengan tetap membawa boneka jelangkung ke dalam cerita. Karena unik, kita bikinlah JAILANGKUNG: SANDEKALA ini," tutur Wicky.

2. Mitos di Jawa Barat

Tidak hanya cerita tentang tragedi dalam sebuah keluarga serta permainan pemanggil arwah, Kimo Stamboel yang turut menulis skenarionya bersama Rinaldy Puspoyo juga memasukkan mitos Sandekala. Mitos ini menjadi legenda urban di masyarakat Sunda di mana ada makhluk halus muncul ketika terbenamnya matahari.

"Kita memang pengin menaikkan kembali franchise ini dengan sesuatu yang baru. Saya punya cerita tentang tragedi dalam keluarga, jelangkung, lalu digabungkan dengan mitos yang familiar bagi orang Jawa Barat. Kita eksplor apa yang terjadi saat matahari terbenam," jelas Kimo pada kesempatan yang sama.

3. Mitos yang Dekat Dengan Masyarakat

Sebagai produser, Wicky V Olindo berharap masyarakat bisa merasakan kedekatan dengan tema cerita yang diusung. Karena mitos mengenai makhluk halus yang muncul saat terbenamnya matahari juga banyak beredar di berbagai daerah di Indonesia.

"Kita harap cerita yang disajikan punya kedekatan dengan masyarakat. Mitos ini diartikan sebagai banyak setan keluar, jin keluar, kita eksplor lagi dan dibawakan oleh Kimo dengan kualitas dari cara dia menyutradarai," tandas Wicky.