Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Gaga Muhammad Dituntut 4,5 Tahun Penjara, Erika Carlina: Sejujurnya Empat Tahun Masih kurang

Rabu, 05 Januari 2022 13:46 WIB
Gaga Muhammad Dituntut 4,5 Tahun Penjara, Erika Carlina: Sejujurnya Empat Tahun Masih kurang
Gaga Muhammad Dituntut 4,5 Tahun Penjara © KapanLagi.com - Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Terdakwa Gaga Muhammad menjalani sidang lanjutan kasus kecelakaan lalu lintas di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (4/1/2022). Sidang tersebut beragendakan mendengarkan tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Dalam persidangan, JPU menuntut lelaki 21 tahun itu empat tahun enam bulan penjara serta denda sebesar Rp10 juta. Sahabat mendiang Laura Anna, Erika Erika Carlina yang juga hadir menyaksikan persidangan Gaga Muhammad merasa kurang puas dengan tuntutan JPU.

"Sejujurnya empat tahun masih kurang. Uang yang harus dibayar 10 juta kurang setimpal menurut aku ya," kata Erika Carlina di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (4/1/2022).

1. Hukuman Harus Seimbang

Erika Carlina menyebut, hukuman Gaga Muhammad harus seimbang. Apalagi, akibat kecelakaan lalu lintas yang dialami oleh Gaga Muhammad membuat mantan kekasihnya, Laura Anna alami kelumpuhan.

"Dari apa yang Laura rasakan dari kemarin-kemarin dan ngeliat hukum Gaga empat tahun nggak seimbang," katanya.

2. Dihukum Seberat Mungkin

Gambar

Meskipun Erika Carlina kurang paham tentang hukum, setidaknya ia berharap Gaga Muhammad dihukum seberat mungkin.

"Aku enggak tau ya, kurang tau soal hukum. Mungkin 10 tahun, buat aku sih," kata Erika Carlina.

3. Tak Ada Itikad Baik

"Laura terakhir banget bener-bener sadar pengen Gaga dihukum seadil-adilnya tidak ingin dibebaskan atau dimaafkan juga enggak, karena pihak Gaga dan keluarga sampe akhir nggak ada itikad (baik), nggak penyelesaian keluarga," tutup Erika.

4. Buat Laura Jadi Lumpuh

Gambar

Dalam tuntutannya, Jaksa membacakan juga beberapa hal yang memberatkan Gaga Muhammad atas kasus kecelakaan lalu lintas tersebut. Yang memberatkan Gaga Muhammad atas kasus ini salah satunya adalah membuat Laura Anna alami kelumpuhan.

"Hal-hal yang memberatkan perbuatan terdakwa yang mengakibatkan kelumpuhan bagi korban Laura Anna Edelenyi yang berdampak pada hilangnya produktifitas korban Laura Anna Edelenyi sebagai seorang selebgram. Perbuatan terdakwa menimbulkan dampak psikologis dan trauma bagi korban Laura Anna Edelenyi luka berat atau kelumpuhan yang dialami Laura Anna Edelenyi tidak dapat dipastikan kesembuhannya," kata Jaksa dalam persidangan, Selasa (4/1/2022).

"Terdakwa mengemudikan kendaraannya dalam keadaan dibawah pengaruh alkohol dan tidak ada perdamaian antara terdakwa dengan korban Laura Anna Edelenyi serta tidak ada bantuan biaya perawatan dan atau bantuan pengobatan dari terdakwa kepada korban Laura Anna Edelenyi," tambah Jaksa.

5. Ringankan Hukuman Gaga

Kemudian, selain membacakan sejumlah poin-poin memberatkan hukuman Gaga Muhammad, JPU juga bacakan hal-hal yang meringankan hukuman lelaki 21 tahun tersebut.

"Hal-hal yang meringankan terdakwa, bersikap sopan selama di persidangan, terdakwa menyadari kesalahannya dan menyesali perbuatannya, terdakwa belum pernah dihukum karena tindak pidana. Terdakwa masih berusia muda yang diharapkan dapat memperbaiki perilakunya di kemudian hari," kata Jaksa.