Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Gara-gara Berperan dalam Film 'MENCURI RADEN SALEH', Angga Yunanda Tertarik Jadi Hacker

Sabtu, 18 Desember 2021 10:40 WIB
Gara-gara Berperan dalam Film 'MENCURI RADEN SALEH', Angga Yunanda Tertarik Jadi Hacker
Angga Yunanda pengin jadi hacker © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Aktor muda Angga Yunanda mengaku ketagihan mempelajari soal IT setelah berperan sebagai Ucup dalam film MENCURI RADEN SALEH. Ucup sendiri adalah seorang hacker yang merupakan otak dari pencurian lukisan karya Raden Saleh.

Demi mendalami perannya, Angga pun mempelajari hal tersebut kepada Teguh Aprianto, hacker asal Indonesia yang terkenal hingga manca negara dan kini Teguh bekerja sebagai cyber security researcher. Angga mengatakan dirinya dapat banyak ilmu tentang dunia IT.

"Tertarik banget sih karena kebetulan sebelum memerankan karakter ini aku cukup jauh dari dunia IT," ungkap Angga Yunanda dalam jumpa pers film "Mencuri Raden Saleh" di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, (16/12) Kamis sore.

"Setelah aku lihat, ternyata ini bisa jadi salah satu hobi yang menyenangkan sih, tapi aku masih baru belajar dan masih jauh banget sih," lanjutnya.

1. Jadi Lebih Waspada

Gambar

Angga mengaku jadi lebih waspada dengan kejahatan di dunia siber setelah mempelajari ilmunya. Bahkan, ia sempat diperlihatkan beberapa fakta tentang kebocoran data.

"Kemarin aku sempat diperlihatkan bahwa data-data kita sangat bisa diakses semua orang. Itu sebenarnya hal yang sangat fatal dan ini perlu untuk dibangun kesadaran masyarakatnya," ujarnya.

2. Film yang Hampir Mustahil

Gambar

Sejak lama Angga Yunanda memang menginginkan peran-peran tak biasa seperti dalam MENCURI RADEN SALEH. Ketika akhirnya datang, ia pun menjadi deg-degan lantaran film jenis ini sangat jarang dibuat oleh sineas Indonesia.

"Kalau boleh jujur, ini salah satu project yang membuat aku deg-degan. Bahkan dari awal kayak, huuuuh, bebannya lumayan berat karena gila. Untuk aku pribadi, suka kepikiran bisa nggak ya Indonesia bikin film kayak gini? Karena ini genre yang aku tunggu banget. Alhamdulilah akhirnya kesampaian. Ini hal yang hampir mustahil tapi bisa diwujudkan oleh Visinema," jelas kekasih Shenina Cinnamon tersebut.

3. Bicara Sendiri di Depan Kaca

Gambar

Untuk mendalami karakternya, Angga Yunanda menonton banyak film dan serial. Ia juga kerap membaca skenario lalu memeragakannya di depan kaca.

"Aku nonton film atau series action buat jadi referensi. Aku banyak baca skenarionya, latihan sendiri di depan kaca, ngomong-ngomong sendiri, di mana pun kapan pun aku cobain gimana karakter The Hacker ini," tutup aktor yang namanya sedang naik daun tersebut.

4. Tentang MENCURI RADEN SALEH

Gambar

Film garapan sutradara Angga Dwimas Sasongko ini bercerita tentang enam anak muda yang berencana mencuri lukisan Penangkapan Pangeran Diponegoro karya Raden Saleh di istana Presiden. Gerombolan anak muda ini diperankan oleh para aktor seperti Iqbaal Ramadhan (The Forger-Piko), Angga Yunanda (The Hacker-Ucup), Aghniny Haque (The Brute-Sarah), Umay Shahab (The Handyman-Gofar), Ari Irham (The Driver-Tuktuk), hingga Rachel Amanda (The Negotiator-Fella).

Masing-masing karakter memiliki kemampuan unik yang sesuai dengan julukan mereka. Selain enam aktor muda di atas, film MENCURI RADEN SALEH juga menampilkan Dwi Sasono, Atiqah Hasiholan, Tio Pakusadewo, Andrea Dian dan Ganindra Bimo.