Gelar Pernikahan Mewah, Kompol Fahrul Sudiana Kapolsek Kembangan Suami Rica Andriani Dinilai Langgar Aturan Kapolri

Jum'at, 03 April 2020 11:15 WIB
Gelar Pernikahan Mewah, Kompol Fahrul Sudiana Kapolsek Kembangan Suami Rica Andriani Dinilai Langgar Aturan Kapolri

Kapanlagi.com - Pernikahan Rica Andriani dan Kompol Fahrul Sudiana berlangsung secara mewah dan meriah di Hotel Mulia, Jakarta. Konon, biaya sewa gedung di hotel ini mencapai angka miliaran untuk sebuah acara pernikahan.

Hal itu ternyata melanggar aturan gaya hidup mewah bagi anggota kepolisian yang dikeluarkan oleh Kapolri. Dilansir dari Kompas.com, Kompolnas Poengky Indarty mengaku prihatin karena hal ini.

"Saya prihatin jika benar pernikahan tersebut digelar di hotel mewah dan acaranya mewah. Ini melanggar aturan Kapolri kepada seluruh anggota dan keluarga Polri untuk tidak bergaya hidup mewah," ujarnya, Kamis, (2/4) kemarin.

1 dari 2 halaman

1. Meminta Propam Dalami Kasus Fahrul

Meminta Propam Dalami Kasus Fahrul © instagram.com/bennusorumba
Terkait dengan pesta mewah di tengah wabah corona yang melarang publik mengumpulkan massa demi pencegahan penyebaran virus itu, Poengky meminta kepada Bidang Profesi dan Pengamanan Polda Metro Jaya mendalami kasus ini secara lebih lanjut. Ia menilai bahwa Fahrul tak sensitif dan melakukan dua pelanggaran sekaligus.

"Sungguh memprihatinkan ketidaksensitifan yang bersangkutan terhadap dua hal ini, dan saya harapkan Propam tidak hanya memeriksa terkait pelanggaran Maklumat Kapolri, melainkan juga memeriksa kemungkinan adanya pelanggaran terkait gaya hidup mewah," lanjut Poengky.

2 dari 2 halaman

2. Larangan Pamer Kemewahan

Larangan Pamer Kemewahan © instagram.com/ricafahrulstry_
Aturan bahwa anggota Polri dan keluarganya untuk memamerkan gaya hidup mewah tercantum dalam surat yang dikeluarkan pada 15 November 2019 lalu. Surat Telegram Nomor ST/30/XI/HUM.3.4/2019/DIVIPROPAM ini menyebutkan bahwa Polri meminta jajarannya untuk bersikap sederhana.

Hal ini sejalan dengan cita-cita mewujudkan tata pemerintahan yang baik dan bersih. Sehingga seluruh anggota dan keluarganya dilarang untuk memamerkan gaya hidup mewah.

(kpl/phi)