Gito Rollies Dikebumikan Selepas Sholat Jumat

Editor KapanLagi.com | 29 Februari 2008, 09:02 WIB
Gito Rollies Dikebumikan Selepas Sholat Jumat

Kapanlagi.com - Dunia musik Indonesia kembali menundukkan kepala. Bangun Sugito Tukiman alias Gito Rollies, salah satu rocker terbaik Indonesia telah tutup usia pada pukul 18.45 di RSPI setelah dirawat selama dua hari karena penyakit kanker kelenjar getah bening yang diidap 3,5 tahun lalu.

Gito meninggal dalam usia 61 tahun dengan meninggalkan satu orang istri (Michael) dan 4 anak (Galih, Pujawangsa, Bayu dan Bintang). Galih Satria Permadi adalah anak hasil perkawinan Gito dengan Uci Bing Slamet. Rencanannya Gito akan dikebumikan di TPU Tanah Kusir selepas sholat Jumat (29/2).

Nama Gito muncul di belantika musik bersama band The Rollies yang didirikan bersama Delly, Utje F Tekol, Jimmy Manopo, Benny Likumahua, Didiet Maruto sekitar tahun 1967. Lagu Kemarau, Haus di Padang Tandus, Bimbi, Dansa Yuk Dansa, Cinta Yang Tulus, Burung Pipit adalah hits yang pernah dicetak band asal Bandung ini.

Seiring popularitas The Rollies nama Gito sebagai vokalis pun ikut berkibar sebagai superstar rock. Layaknya superstar, gaya hidup hedonis penuh minuman keras dan narkotika dilakoni mantan suami Uci Bing Slamet ini.

Puas dengan itu semua, Gito mulai meninggalkan gaya hidup tidak sehat. Di usia senjanya Gito lebih banyak berkutat pada kehidupan religi dan menghilang dari dunia hiburan.

Terakhir Gito sempat tampil di film JANJI JONI dan ADA APA DENGAN CINTA. Bahkan sebelum dirawat untuk yang terakhir kali, Gito masih melakukan perjalanan dakwah ke Padang selama 11 hari.

Gito adalah sosok periang dan pantang menyerah di mata keluarga, rekan dan sahabat-sahabatnya. Bahkan selama didera penyakit Gito sama sekali tidak pernah mengeluh sedikit pun. Terakhir Gito sempat berduet dengan Gigi.

"Tidak semua orang berkarya dalam keadaan seperti itu," kenang Arman. "Dia seorang rocker dan kita tahu sepak terjangnya. Dia orang yang konsisten dalam setiap pekerjaan," ujar Adrie Subono

Artis senior Titiek Puspa tak bisa melupakan sosok Gito yang periang dan gesit. Dulu, tutur tante Titiek, saat Rollies masih kecil setiap mereka kemalaman pulang ke Bandung habis manggung di Jakarta selalu menginap di rumah tante Titiek.

"Dia anak yang polos. Ia pernah bilang di akhir hidupnya dia pingin mementingkan umat. Akhirnya ia berserah diri. Dia sudah bosan dan kenyang dengan kehidupan lalu. Dan dia beruntung punya istri yang sholehah, bijaksana dan tegar, meskipun dia orang Perancis tapi seperti Jawa. Perfect," ungkap Tante Titiek.

Nampak semalam di rumah duka hadir rekan-rekan artis dari berbagai kalangan. Seperti Rano Karno, Camelia Malik, Gilang Ramadhan, Ikang Fawzi, Dwi Yan, Setiawan Djody, Ustad Jefri, Mamiek Soeharto, Aji Pangestu, dan masih banyak lagi.

Tak ada gading yang tak retak, gajah mati meninggalkan gading orang mati meninggalkan nama. Selamat jalan Bang Gito.. "Cinta ..yang ..tulus..di dalam hatiku…"  (kpl/ant/tri)

Editor:   Editor KapanLagi.com