Glenn Fredly Capek Dengan Nasionalisme Plastik

Mahardi Eka Putra  | 27 Oktober 2012, 10:21 WIB
Glenn Fredly Capek Dengan Nasionalisme Plastik
Kapanlagi.com - Permasalahan masyarakat tentang tingginya biaya pendidikan dan kesehatan ternyata terjadi bukan hanya di Jakarta saja, namun juga merata di setiap daerah. Para peringatan Sumpah Pemuda kali ini, ada baiknya anak-anak muda lebih peduli akan kondisi nyata yang sedang terjadi tersebut.

Saat ditemui pada acara special showcase Tompi di Red White Lounge, Kemang, Jakarta Selatan, Jum'at (26/10), Glenn Fredly turut menanggapi permasalahan tersebut. Sebagai musisi dan masyarakat awam, dia merasa lelah dengan sikap seolah-olah peduli terkait permasalahan yang terjadi di negara Indonesia saat ini.

"Enggak ada yang mau gue lakuin untuk Sumpah Pemuda kali ini. Sumpah Pemuda lebih pada konteks kekinian aja lah. Kita sudah capek sama nasionalisme yang sifatnya plastik. Plastik itu maksudnya cuma di luar saja, dan tidak menyentuh inti permasalahan kebangsaan itu sendiri," ungkap Glenn.

Menurut Glenn, permasalahan kebangsaan itu sendiri tidak bisa dijawab hanya dengan nasionalisme yang sekedar berbicara tentang merah putih atau menyanyikan lagu kebangsaan saja.

"Nasionalisme bukannya nggak penting, tapi akankah lebih penting kalau kita lihat yang nyata saja, harus ada action. Potensi-potensi konflik, dengan kompleksitasnya, menurut gue kalau inisiatif ini lahir dari masyarakat sipil khususnya dari masyarakat seni akan jauh lebih baik," paparnya menegaskan. (kpl/amr/dka)

Editor:  

Mahardi Eka Putra

Join Kapanlagi.com
↑